Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Usung Pendidikan Jarak Jauh, Universitas Terbuka Adakan OU5 Meeting 2024

Kompas.com - 24/04/2024, 17:26 WIB
Nethania Simanjuntak,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Terbuka (UT) mengadakan kegiatan rutin Open Universitas 5 (OU5) Meeting 2024 sebagai upaya perbaikan berkelanjutan dengan standar penyelenggaraan pendidikan tinggi terbuka jarak jauh (PTJJ) berskala internasional. 

Kepala Subdirektorat Humas dan Pemasaran UT Maya Maria menyebut, terdapat lima perguruan tinggi di Asia Tenggara yang mengusung pendidikan jarak jauh (PJJ).

Adapun kelima perguruan tinggi tersebut, yakni Universitas Terbuka (UT), Open University of Malaysia (OUM), Sukhothai Thammathirat Open University (STOU), University of the Philippines Open University (UPOU), dan Hanoi Open University (HOU).

Maya mengatakan bahwa mereka sepakat membentuk sebuah organisasi yang bertujuan untuk berkolaborasi dalam berbagai kegiatan keilmuan.

Baca juga: Universitas Terbuka: Kampus Tidak Terlibat Ferienjob ke Jerman

“Kelompok ini secara rutin mengadakan pertemuan setiap dua kali dalam setahun guna mengembangkan penelitian dalam berbagai bidang,” ujar Maya dalam keterangan persnya, Rabu (24/4/2024).

Maya menyebut, kali ini, Hyatt Regency Yogyakarta terpilih menjadi tempat pertemuan selama dua hari, yakni pada 24-25 April 2024.

"Pertemuan rutin ini dipimpin oleh para peneliti OU5. Mereka adalah gabungan peneliti dari lima PTTJJ anggota Asian Association of Open Universities (AAOU)," jelasnya.

Agenda yang akan dibahas dalam pertemuan

  • Progress of 2024 Research Projects
  • Nomination of Project Leaders for 2025 Research Project & Scheduling of The First Online Meeting
  • Setting of a common repository site for OU5 outputs and documents
  • AAOU Quality Assurance Framework
  • Benchmarking Instrument Testing Status
  • ICDE Global Advocacy Campaign Asia
  • Invitation to 2nd ICDBSE Conference & ICDE Global Advocacy Campaign Asia Working Groups Meeting at STOU, Thailand
  • Microcredentials
  • Scheduling of the Next OU5 Meeting in Philippines

Perkembangan rencana penelitian pada 2024

Para peneliti OU5 juga menyebut beberapa topik yang dibahas di pertemuan ini, di antaranya:

  • Inclusive Education: Providing Quality Education for All
  • Artificial intelligence (AI) in digital education
  • Promoting Sustainable Industrialisation (SDG 9) in ASEAN Region (smart manufacturing, employability & decent work, green grown (SDG9) as the selected agenda)
  • Counseling Services at OUs to Promote Good Mental Health in ASEAN
  • Preserving ASEAN Culture in Digital Age

Sebagai informasi, dalam pertemuan itu, telah dikembangkan juga jaringan dan kolaborasi dalam pengembangan kelembagaan dan penelitian kajian Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) dengan topik yang berbeda tiap tahunnya.

Selain itu, UT dengan Universitas PJJ lainnya akan berkomitmen untuk melakukan pengabdian masyarakat internasional (international community service) guna memberikan dampak pada komunitas global serta pengenalan berbagai budaya.

Baca juga: Raih Akreditasi dari FIBAA, Universitas Terbuka Siap Kembangkan 4 Prodi Internasional

Maya menjelaskan, pertemuan itu menjadi wadah penting untuk berbagai pengetahuan dan perspektif baru, merangsang lahirnya inovasi, serta mempromosikan kolaborasi yang lebih erat antara pimpinan dan dosen.

"Termasuk juga dengan para peneliti universitas-universitas terbuka atau PTTJJ yang bernaung di OU5 untuk memajukan pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh di kawasan Asia Tenggara,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com