Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa, Seperti Ini Peluang dan Prospek Karier di NGO

Kompas.com - 29/10/2021, 16:14 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Setelah lulus kuliah, mahasiswa diharapkan mampu berkarya sekaligus berkontribusi secara nyata kepada masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Direktur Pengembangan Karier, Kewirausahaan dan Inkubasi Alumni (DPKKA) Universitas Airlangga (Unair) dalam Webinar Airlangga Career Club, Kamis (28/20/2021).

Menurutnya, jika mahasiswa ingin raih kesuksesan setelah lulus, ada tiga hal yang harus dimiliki.

"Pertama kompetensi dan kemampuan leadership, kedua networking dan yang jangan kalian lupakan adalah setiap apa yang kalian lakukan harus memiliki dampak terhadap lingkungan sekitar kalian,” tuturnya seperti dirangkum dari laman Unair News.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti bagi Lulusan SMA-SMK, D1-D3 dan S1, Yuk Daftar

Di kesempatan yang sama, Grants Management Specialist Wahana Visi Indonesia, Franky Febryanto Banfatin memaparkan terkait peluang berkarier di Non-Government Organization (NGO).

Wahana Visi Indonesia yang merupakan NGO internasional yang berfokus melayani dan berkolaborasi dalam pemberdayaan anak, keluarga dan masyarakat rentan.

Ia menjelaskan bahwa bekerja dalam NGO seseorang tidak hanya melakukan kegiatan filantropis seperti yang dibayangkan kebanyakan orang.

Dalam NGO, seseorang juga bisa berdiplomasi dengan banyak orang atau bahkan negara untuk mengumpulkan pendanaan.

“Dan ini yang saya sukai, selain kita bisa berkontribusi menjadi katalisator dalam mewujudkan kemajuan masyarakat, kita juga bisa melakukan hal-hal yang di sana bisa membuat kita memiliki banyak kompetensi baru, relasi baru dan wawasan-wawasan baru,” ujarnya.

Baca juga: Mahasiswa Dapat Rp 9 Juta Per Semester, Ini Cara Daftar KJMU Tahap II 2021

Dirinya juga menjelaskan tentang peluang bekerja di NGO. Ia memaparkan ada banyak sekali manfaat dan peluang karier dalam NGO mulai dari social worker, perancang program (programmer) bagi yang suka berinovasi membuat program sosial, digital influencer, director, social marketing dan juga researcher.

Terkait salary atau gaji, Franky mengatakan seorang yang berkiprah dalam NGO tidaklah seburuk apa yang dibayangkan.

Ia menyampaikan bahwa setiap NGO apalagi yang sudah internasional memiliki standar untuk salary dan tunjangan bagi orang yang bekerja di NGI.

Ia juga mengungkapkan, dengan posisinya saat ini salary dan tunjangan yang ia dapatkan bisa dibilang lebih dari cukup dan layak.

“Ingat non-profit bukan berarti non-benefit, kapan lagi kita bisa berkarier sembari memberikan kontribusi dan sumbangsih nyata terhadap kemajuan negeri, jadi jangan pandang berkiprah di NGO sebelah mata,” pungkasnya.

Baca juga: BUMN Bank Mandiri Buka Lowongan Magang untuk Lulusan SMA-D3

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com