Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Sendy Fardiansyah, Sespri Iriana Jokowi yang Maju Pilwalkot Bogor 2024

Kompas.com - 20/03/2024, 20:00 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sendy Fardiansyah, sekretaris pribadi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi), mengatakan bahwa ia akan mendaftarkan diri sebagai calon Wali Kota Bogor pada pemilihan kepala daerah (pilkada) 2024.

Sendy mengaku, ia sudah mendapat restu dari Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (18/3/2024) terkait pencalonannya tersebut.

Namun, Sendy membantah keikutsertaannya dalam kontestasi Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Bogor dilatarbelakangi dukungan atau permintaan dari Jokowi.

Ia menegaskan, dirinya ingin maju dalam Pilwalkot Bogor karena dorongan kawan-kawannya dan beberapa komunitas masyarakat di Bogor sejak 2022.

"Bahkan, awalnya Ibu Iriana beserta Presiden Jokowi juga tidak mengetahui. Ini terjadi sebelum Mas Kaesang menjadi Ketua Umum PSI, Mas Gibran menjadi cawapres," ujar Sendy dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Rabu (20/3/2024).

Baca juga: Orang Dekat Jokowi yang Terjun ke Politik, Terbaru Sespri Iriana Maju Pilwalkot Bogor 2024

Profil Sendy Fardiansyah

Sendy yang akan mencalonkan diri sebagai Wali Kota Bogor diketahui lahir di Bogor pada 24 September 1988.

Sendy menjadi sekretaris pribadi Iriana Jokowi sejak 2015 hingga sekarang.

Di luar pekerjaan, ia juga aktif di kegiatan komunitas dan organisasi kemasyarakat, salah satunya sebagai Ketua Umum Kawani Bogor.

Sendy pernah menempuh pendidikan di program studi D-4 Manajemen Persandian Sekolah Tinggi Sandi Negara, Bogor, Jawa Barat pada 2011.

Setelah itu, ia melanjutkan pendidikan magisternya di program studi S-2 Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) Universitas Mercu Buana, Jakarta pada 2015.

Baca juga: Mantan Ajudan Jokowi Dikabarkan Jadi Kandidat Kuat KSAU Pengganti Fadjar Prasetyo

Perjalanan karier Sendy Fardiansyah

Selain sebagai sekretaris pribadi Iriana Jokowi, Sendy juga menjadi pengurus Pusat Syarikat Islam (SI) pada 2021-2026 dan Ketua Umum Kawani Bogor sejak April 2023.

Sebagai lulusan Sekolah Tinggi Sandi Negara, Sendy pernah mendapat penugasan di dalam maupun luar negeri, salah satunya dalam operasi Gurita Bakorkamla KRI Sanca 815 pada 2012.

Ia juga pernah ditugaskan dalam tim pengadaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) Bali pada 2012, operasi Gurita Bakorkamla Command Center, Jakarta pada 2023, dan main group kunjungan Presiden dan Ibu Negara ke seluruh Indonesia pada 2015-2020.

Di sisi lain, penugasan Sendy di luar negeri meliputi KTT ASEAN di Singapura, Thailand, Vietnam, dan Laos, US-ASEAN Summit di Los Angeles, AS, ROG Seoul di Korea Selatan, G-20 di Turkiye, China, Rusia, dan Jerman.

Tak hanya itu, Sendy pernah mendapat penugasan di COP 21, Paris, Perancis dan BELT and Road Forum di Beijing, China.

Di luar kegiatan kenegaraan, Sendy berstatus sebagai founder sekaligus CEO Digimon ID, owner Sequoia caffe Garden, owner Experience Shoes and Sandal, dan Komisaris PT JAS Organik Indonesia.

Baca juga: Alasan Jokowi Naikkan Pangkat Prabowo Jadi Jenderal Kehormatan

Alasan ingin maju sebagai cawalkot Bogor

Saat ditanya mengenai alasannya ingin maju dalam Pilwalkot Bogor 2024, Sendy mengatakan, ia ingin melakukan pembangunan di kota ini secara merata dari daerah pinggir sehingga tidak terpusat di wilayah tertentu.

Ia juga ingin anak muda di Bogor mendapat pekerjaan secara cepat sehingga tidak terlalu lama menganggur.

"Pengangguran di Bogor itu menurut data terbesar se-Jawa Barat bahkan se-Jawa. Jadi anak-anak muda Bogor harus dilengkapi skill-nya dan dibuka akses-akses ke lapangan kerjanya," ungkap Sendy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com