Kompas.com - 24/01/2022, 07:30 WIB
Teh earl grey yang lahir di Inggris ini dipercaya bisa menyehatkan jantung kita. Unsplash/Miska SageTeh earl grey yang lahir di Inggris ini dipercaya bisa menyehatkan jantung kita.

KOMPAS.com - Teh earl grey adalah varian teh yang konon katanya lahir di Inggris raya, yang terdiri dari racikan daun teh hitam yang diberi minyak esensial bergamot.

Bergamot sendiri adalah pohon citrus yang banyak tumbuh di pesisir Italia dan Perancis Selatan.

Dalam perkembangannya, earl grey tak hanya terdiri dari racikan daun teh hitam saja, namun juga daun teh hijau dan teh-teh varian lainnya, yang asalkan di proses terakhir diberi polesan minyak bergamot.

Teh ini wangi. Selain berwarna coklat pekat dan memiliki aroma wangi teh pada umumnya, ada pula wangi khas yang mengambang pelan-pelan di setiap kepulan uapnya.

Baca juga: Jangan Mengonsumsi Teh dan Kopi Pagi dalam Kondisi Perut Kosong, Ini Bahayanya

Sejarah teh earl grey

Meski populer pertama kali di Inggris dan dinyatakan lahir di Inggris, namun teknik pembuatan teh ala earl grey tak ditemukan oleh orang Inggris, melainkan oleh masyarakat China.

Masyarakat China terbiasa menginfuskan berbagai bebauan herbal ke dalam seduhan tehnya untuk memperkaya citarasa. Mulai dari menambahkan aroma melati, mawar, orange dan masih banyak lagi.

Earl grey adalah teh hitam yang diberi minyak esensial bergamot.SasaJo Earl grey adalah teh hitam yang diberi minyak esensial bergamot.
Earl grey muncul pertama kali di tahun 1824. Nama "earl grey" sendiri berasal dari nama aristokrat Inggris bernama Charles Grey.

Salah satu versi cerita yang beredar mengatakan bahwa suatu hari Charles Grey bertandang ke China dan menolong seorang bangsawan atau raja di sana. 

Sebagai ungkapan terima kasih, diberilah Grey resep racikan teh yang terdiri dari dedaunan teh hitam kering yang diberi minyak esensial bergamot.

Cerita versi kedua mengatakan bahwa earl grey adalah racikan teh yang tercipta secara tak sengaja selama pengiriman teh dari China ke Inggris. Dalam proses pengemasan, beberapa pekerja secara tak sengaja mencampurkan teh hitam dan daun dari pohon bergamot.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.