[HOAKS] Mandi di 3 Waktu yang Tidak Tepat Bisa Sebabkan Kematian

Kompas.com - 26/11/2021, 18:30 WIB
Ilustrasi hoaks, hoax ShutterstockIlustrasi hoaks, hoax
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Informasi yang menyebut bahwa mandi di 3 waktu yang tidak tepat bisa menyebabkan kematian beredar di media sosial Facebook dan Instagram.

Dalam narasi itu disebutkan bahwa mandi di malam hari juga bisa menyebabkan kerusakan jantung dan paru-paru basah.

Dari konfirmasi yang dilakukan Tim Cek Fakta Kompas.com, informasi ini tidak benar alias hoaks.

Dokter spesialis kardiologi mengatakan, mandi di malam hari tidak akan menyebabkan kematian.

Narasi yang beredar

Informasi yang menyebut bahwa mandi di 3 waktu yang tidak tepat bisa menyebabkan kematian, disebarkan oleh akun Facebook dan Instagram ini, ini, ini, dan ini.

Narasi itu menyebut, jika mandi setelah Maghrib atau setelah Isya sampai tengah malam, maka bisa merusak jantung.

Disebut pula bahwa mandi 30 menit setelah Ashar, tubuh sedang dalam kondisi panas, sehingga mandi di waktu tersebut akan membuat tubuh jadi lelah dan letih.

Unggahan hoaks mandi di 3 waktu yang tidak tepat bisa menyebabkan kematian, yang disebarkan oleh sebuah  akun Facebook.Akun Facebook Unggahan hoaks mandi di 3 waktu yang tidak tepat bisa menyebabkan kematian, yang disebarkan oleh sebuah akun Facebook.

Berikut narasi lengkapnya:

3 Waktu yang Dilarang untuk Mandi
Berikut ini ada 3 waktu yang dilarang untuk mandi karena bisa menyebabkan masalah dalam kesehatan diantaranya :
Yang pertama adalah 30 menit setelah solat Ashar, karena dalam kondisi ini darah dalam tubuh sedang panas, sehingga jika kita mandi di jam ini akan menimbulkan rasa lelah dan letih yang membuat tubuh menjadi terlihat kurang semangat dan cape.
Yang kedua waktu dilarang mandi adalah setelah magrib, mandi diwaktu ini juga sangat dilarang karena kondisi jantung pada waktu ini mulai melemah selain itu mandi di waktu ini juga bisa menyebabkan meningkatnya terkena paru paru basah.
Yang terakhir ialah setelah Isya sampai tengah malam, dan mandi di waktu ini bisa merusak jantung karena pada waktu ini jantung kita sedang istirahat, 3 waktu ini dilarang mandi oleh medis dan agama karena memang tidak baik bagi tubuh kita.
Lalau waktu terbaik untuk mandi bagi kesehatan di waktu yang mana ? . Nah, waktu yang dianjurkan untuk mandi ini harus kamu lakukan karena baik untuk kesehatan kamu dan kamu akan mendapatkan manfaat jika mandi di beberapa waktu di bawah ini diantaranya :
Yang pertama mandi sebelum dan sesudah subuh, mandi di waktu ini sangat dianjurkan sekali karena pada waktu ini kandungan ozon dalam air sangat bagus bahkan lebih tinggi dan salah satunya kamu akan mendapatkan manfaat kulit lebih segar dan bisa membuat awet muda.
Yang kedua mandi pada waktu ashar, atau mandi setelah bangun dari tidur siang sangat baik selain membuat tubuh menjadi lebih segar kembali mandi di waktu ini juga bisa membuat kekebalan tubuh meningkat dan kita tidak mudah diserang oleh penyakit.

Konfirmasi Kompas.com

Kepala Departemen Dept Kardiologi dan Kedokteran Vaskular Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI) dr Renan Sukmawan menegaskan informasi yang beredar di medsos tersebut tidak benar alias hoaks.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.