Kompas.com - 26/11/2021, 17:35 WIB
ILustrasi Cara membuat NPWP online, cara buat NPWP online, cara membuat NPWP secara online, NPWP adalah indonesia.go.idILustrasi Cara membuat NPWP online, cara buat NPWP online, cara membuat NPWP secara online, NPWP adalah

KOMPAS.com - Bagaimana jika sudah mendaftar Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) secara online tetapi belum menerima kartunya?

Hal ini menjadi pertanyaan yang diajukan beberapa warganet di media sosial Twitter. 

"Saya buat NPWP online...tpi kartu pisik nya belum sya terima juga...itu gmna iya," tulis salah satu akun Twitter ini.

Merespons unggahan itu, ada pula yang menanyakan apa yang harus dilakukan jika kartu NPWP hilang.

"Kak, mau nanya kalo kartu NPWP hilang. Mau nyetak kartu lagi apakah ada biaya jasanya? Mohon dijawab kak," tulis akun ini.

Baca juga: Unggahan Viral Penjual Online Dapat Surat Tagihan Pajak Rp 35 Juta, Ini Kata Shopee dan Ditjen Pajak

Penjelasan Ditjen Pajak

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Neilmaldrin Noor mengatakan, jika seseorang belum menerima kartu NPWP atau kehilangan kartu NPWP bisa mengurusnya di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat.

"Untuk kendala tersebut silakan ke KPP ya, bisa dicetak dan didapatkan di sana," ujar Neilmaldrin saat dihubungi Kompas.com, Jumat (26/11/2021).

Segala proses pelayanan di DJP, termasuk mencetak atau membuat kartu NPWP, tidak dibebankan biaya atau gratis. 

 Bagi mereka yang sudah mendaftar NPWP tetapi belum memiliki kartu fisik, ada aturan yang mengacu pada Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-04/PJ/2020 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Administrasi Nomor Pokok Wajib Pajak, Serifikat Elektronik, dan Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak.

Aturan itu menyebutkan, terhadap Wajib Pajak yang mengajukan permohonan pendaftaran NPWP secara elektronik akan diberikan Bukti Penerimaan Elektronik (BPE).

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.