Kompas.com - 26/11/2021, 16:30 WIB
Menangis adalah reaksi emosional, menurut ilmuwan, menangis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Unsplash/Hazzel SilvaMenangis adalah reaksi emosional, menurut ilmuwan, menangis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

KOMPAS.com - Menangis acap kali dinilai sebagai kelemahan. Apalagi jika kita melakukannya di depan orang lain.

Padahal menangis adalah jenis emosi alami yang dimiliki oleh menusia dengan penyebab yang sangat beragam.

Ketika banyak pihak menyebut menangis adalah tindakan yang lemah, para ilmuwan justru meminta kita untuk menangis dengan leluasa, dan jika mungkin, untuk menangis lagi lebih sering.

Hal ini lantaran menurut penelitian, menangis adalah hal yang sehat. Menangis membawa banyak dampak positif untuk kesehatan tubuh kita.

Baca juga: Berapa Lama Manusia Bisa Hidup Tanpa Tidur dan Apa Saja Dampaknya?

Manfaat menangis

Dilansir dari banyak sumber, ada beberapa manfaat dari menangis. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Mengeluarkan racun tubuh

Air mata emosional mengandung hormon stres dan racun. Jadi ketika kita menangis, kita mengeluarkan racun-racun yang ada di dalam tubuh.Unsplash/Luis Galvez Air mata emosional mengandung hormon stres dan racun. Jadi ketika kita menangis, kita mengeluarkan racun-racun yang ada di dalam tubuh.
Ada bermacam-macam tipe air mata. Yang pertama, adalah air mata yang keluar secara refleks ketika mata kita kemasukan debu atau kotoran. Air mata ini berfungsi untuk mengeluarkan debu yang ada.

Yang kedua, adalah air mata alami yang terus keluar sepanjang waktu dan berfungsi membasahi atau melembabkan bola mata kita.

Ketiga, adalah air mata emosional, yang keluar ketika kita sedang sedih, marah, atau malah bahagia.

Menurut Healthline, air mata emosional mengandung hormon stres dan beberapa racun tubuh. Jadi ketika kita menangis karena emosi, secara tidak langsung kita mengeluarkan hormon dan racun yang bisa membahayakan tubuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.