Prakiraan Cuaca BMKG 22-24 November 2021: Jabar, Jateng, dan Jatim Berpotensi Banjir

Kompas.com - 22/11/2021, 17:15 WIB
Ilustrasi hujan lebat
SHUTTERSTOCK/ND700Ilustrasi hujan lebat

KOMPAS.com - Memasuki musim penghujan, sejumlah wilayah di Indonesia dilanda bencana hidrometeorologi, salah satunya banjir yang disebabkan curah hujan tinggi.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) secara berkala mengeluarkan prakiraan atau prediksi potensi curah hujan sebagai acuan mitigasi bencana hidrometeorologi.

Koordinator Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG Miming Saepudin mengatakan, hasil analisis kondisi dinamika atmosfer terkini menunjukkan bahwa saat ini fenomena La Nina masih memberikan dampak kondisi atmosfer yang relatif lebih basah.

Menurut Miming, potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan dipengaruhi juga oleh aktifnya fenomena Madden-Julian Oscillation (MJO), gelombang Rossby Ekuatorial, dan gelombang Kelvin.

"Serta adanya pertemuan dan perlambatan angin yang dapat meningkatkan pola konvektifitas sehingga mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan," kata Miming, melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (22/11/2021).

Baca juga: BMKG Peringatkan Bibit Siklon Tropis 90S, Apa Dampaknya ke Indonesia?

Wilayah berpotensi banjir

Miming mengatakan, berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprediksi potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang untuk periode 23-29 November 2021 dapat terjadi tidak merata secara umum di wilayah Indonesia.

Sementara, untuk periode 22-24 November 2021, berdasarkan Prakiraan Berbasis Dampak, terdapat beberapa wilayah yang berpotensi terdampak banjir dan banjir bandang dengan kategori Siaga.

Wilayah tersebut yaitu:

  • Jawa Barat
  • Jawa Tengah
  • Jawa Timur

Miming menyebutkan, masyarakat yang membutuhkan informasi lebih rinci mengenai dampak cuaca dapat mengakses laman resmi BMKG.

"Informasi lebih rinci hingga level kecamatan untuk potensi dampak dapat mengakses laman signature.bmkg.go.id," ujar Miming.

Baca juga: Peringatan Dini BMKG untuk Periode Hujan Lebat, Lakukan 6 Hal Ini

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.