Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Prakiraan Cuaca BMKG 22-24 November 2021: Jabar, Jateng, dan Jatim Berpotensi Banjir

KOMPAS.com - Memasuki musim penghujan, sejumlah wilayah di Indonesia dilanda bencana hidrometeorologi, salah satunya banjir yang disebabkan curah hujan tinggi.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) secara berkala mengeluarkan prakiraan atau prediksi potensi curah hujan sebagai acuan mitigasi bencana hidrometeorologi.

Koordinator Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG Miming Saepudin mengatakan, hasil analisis kondisi dinamika atmosfer terkini menunjukkan bahwa saat ini fenomena La Nina masih memberikan dampak kondisi atmosfer yang relatif lebih basah.

Menurut Miming, potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan dipengaruhi juga oleh aktifnya fenomena Madden-Julian Oscillation (MJO), gelombang Rossby Ekuatorial, dan gelombang Kelvin.

"Serta adanya pertemuan dan perlambatan angin yang dapat meningkatkan pola konvektifitas sehingga mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan," kata Miming, melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (22/11/2021).

Wilayah berpotensi banjir

Miming mengatakan, berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprediksi potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang untuk periode 23-29 November 2021 dapat terjadi tidak merata secara umum di wilayah Indonesia.

Sementara, untuk periode 22-24 November 2021, berdasarkan Prakiraan Berbasis Dampak, terdapat beberapa wilayah yang berpotensi terdampak banjir dan banjir bandang dengan kategori Siaga.

Wilayah tersebut yaitu:

  • Jawa Barat
  • Jawa Tengah
  • Jawa Timur

Miming menyebutkan, masyarakat yang membutuhkan informasi lebih rinci mengenai dampak cuaca dapat mengakses laman resmi BMKG.

"Informasi lebih rinci hingga level kecamatan untuk potensi dampak dapat mengakses laman signature.bmkg.go.id," ujar Miming.

Imbauan untuk masyarakat

Dengan adanya potensi cuaca ekstrem tersebut, BMKG memberikan sejumlah imbauan untuk masyarakat sebagai berikut:

1. Menghindari daerah rentan bencana

Miming mengatakan, karena adanya potensi cuaca ekstrem dalam beberapa hari ke depan, masyarakat diimbau untuk menghindari daerah-daerah yang rentan mengalami bencana.

Adapun daerah-daerah tersebut mencakup lembah sungai, lereng rawan longsor, area di sekitar pohon yang mudah tumbang, dan daerah tepi pantai.

2. Waspada potensi dampak banjir

Masyarakat juga diimbau untuk mewaspadai potensi dampak cuaca ekstrem, seperti banjir, banjir bandang, banjir pesisir, dan tanah longsor.

Imbauan itu terutama ditujukan bagi masyarakat yang tinggal di daerah yang rentan mengalami bencana hidrometeorologi.

https://www.kompas.com/tren/read/2021/11/22/171500065/prakiraan-cuaca-bmkg-22-24-november-2021--jabar-jateng-dan-jatim-berpotensi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke