Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Berdirinya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) 24 Oktober 1945

Kompas.com - 24/10/2021, 11:05 WIB
Jawahir Gustav Rizal,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atau United Nations (UN) merayakan ulang tahun ke-76 pada hari ini, Minggu (24/10/2021).

PBB berdiri pada 24 Oktober 1945, sebagai organisasi persatuan negara-negara di dunia untuk menjaga perdamaian setelah Perang Dunia II berakhir.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan, nilai-nilai dalam Piagam PBB yang disahkan 76 tahun lalu tidak akan pernah pudar dan kEdaluwarsa.

"Nilai-nilai yang telah memberi kekuatan pada Piagam PBB selama 76 tahun, perdamaian, pertumbuhan, hak asasi manusia, dan kesetaraan, tidak akan pernah kadaluwarsa," kata Guterres, dikutip dari laman resmi PBB, 21 Oktober 2021.

"Pada perayaan Hari PBB, mari kita berpegang teguh pada nilai-nilai ini, dan menjalankannya sesuai dengan amanah, cita-cita, dan harapan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa," ujar dia.

Sejarah berdirinya PBB

Tokoh pendiri PBB yaitu Josef Stalin, Franklin D Roosevelt , dan Winston Churchill un.org Tokoh pendiri PBB yaitu Josef Stalin, Franklin D Roosevelt , dan Winston Churchill
Mengutip Kompas.com, 31 Januari 2020, pembentukan PBB tidak bisa dilepaskan dari organisasi internasional pertama, yakni Liga Bangsa-Bangsa (LBB).

LBB atau League of Nations didirikan pada 1919, dan dibubarkan pada 1946, setelah PBB lahir.

PBB berdiri karena LBB kesulitan menghadapi konflik dunia setelah Perang Dunia I. Bahkan, Perang Dunia II tetap terjadi dan tak bisa dihentikan.

Menjelang berakhirnya PD II, negara-negara kubu Sekutu sepakat membentuk organisasi global yang menangani urusan antarnegara.

Baca juga: PBB dan Kontroversi soal Ganja...

Usulan ini pertama disampaikan oleh Presiden Amerika Serikat Franklin D Roosevelt dan Perdana Menteri Inggris Winston Churchill ketika menandatangani Piagam Atlantik pada Agustus 1941.

Nama "United Nations" dipilih sebagai simbol perlawanan terhadap negara yang bertentangan dengan kubu Sekutu, yakni Jerman, Italia dan Jepang.

Pada 1 Januari 1942, Declaration by United Nations, ditandatangani oleh 26 negara dan berisitujuan perang negara-negara Sekutu.

AS, Inggris, dan Uni Soviet atau biasa disebut "Big Three" merancang struktur dan fungsi PBB.

Baca juga: PBB: Lebih dari 130 Negara Belum Mendapatkan Vaksin Covid-19

Proses berdirinya PBB

Para pemimpin negara Big Three pendiri PBB (dari kiri ke kanan): Perdana Menteri Inggris WInston Churchill, Presiden Amerika Serikat Franklin D Roosevelt, dan Pemimpin Uni Soviet Josef Stalin dalam Konferensi Yalta yang digelar pada Februari 1945. National Archives and Records Administration Para pemimpin negara Big Three pendiri PBB (dari kiri ke kanan): Perdana Menteri Inggris WInston Churchill, Presiden Amerika Serikat Franklin D Roosevelt, dan Pemimpin Uni Soviet Josef Stalin dalam Konferensi Yalta yang digelar pada Februari 1945.

Perumusan berdirinya PBB mulai berlangsung pada 21 Agustus sampai 7 Oktober 1944.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com