Kompas.com - 27/09/2021, 12:45 WIB
Jangan buang air rebusan pasta, karena bisa dimanfaatkan untuk mengolah beragam sajian. Unsplash/Irina SergeevaJangan buang air rebusan pasta, karena bisa dimanfaatkan untuk mengolah beragam sajian.

KOMPAS.com - Air rebusan pasta biasanya dibuang begitu saja. Padahal air rebusan pasta bisa dimanfaatkan untuk melengkapi atau menyempurnakan aneka sajian dapur.

Kebanyakan orang akan meniriskan pasta dan membiarkan air rebusan pasta terbuang dan mengalir ke saluran pembuangan bak pencuci piring.

Hanya sebagian orang saja yang mengambil semangkuk atau secangkir kecil dari air rebusan pasta, dan mengolahnya menjadi saus penyedap pasta atau untuk mengentalkan kuah pasta.

Padahal lebih dari itu, seluruh air rebusan pasta bisa dimanfaatkan ke berbagai kebutuhan dapur.

Ketika Anda merebus pasta dan menambahkan beberapa sendok garam, larutan garam yang ada bisa melepaskan sari pati tepung dari spaghetti, makaroni atau fettucini yang Anda rebus.

Sari pati ini membuat air rebusan pasta kaya akan karbohidrat dan bisa digunakan menjadi bahan pembuatan berbagai sajian sehat.

Baca juga: Air Rebusan Mi Instan, Sebaiknya Dibuang atau Dipakai?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tiga manfaat air rebusan pasta

Air rebusan pasta bisa digunakan untuk melezatkan kuah sup.Unsplash/Mor Shani Air rebusan pasta bisa digunakan untuk melezatkan kuah sup.
Dilansir dari The Kitchn, ada berbagai manfaat dari air rebusan pasta.

Jadi ketika Anda membuat sajian pasta, simpan air rebusan pasta yang tersisa. Dinginkan, kemudian masukkan ke dalam botol plastik untuk selanjutnya simpan di lemari pendingin.

Atau masukkan ke dalam cetakan es batu, bekukan, untuk digunakan kembali di kemudian hari.

Selain digunakan untuk mengentalkan saus pasta, berikut tiga manfaat dari air rebusan pasta:

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.