Kompas.com - 25/09/2021, 09:22 WIB
Ribuan burung pipit jatuh berhamburan ke tanah viral di media sosial, Kamis (9/9/2021) Tangkapan layar Instagram @balibroadcastRibuan burung pipit jatuh berhamburan ke tanah viral di media sosial, Kamis (9/9/2021)
Penulis Farid Assifa
|

KOMPAS.com - Sejumlah peristiwa aneh terjadi pada hewan di Indonesia baru-baru ini.

Ribuan burung pipit mati mendadak di Bali dan Cirebon. Sementara di Daerah Istimewa Yogyakarta, ikan berlompatan di pinggir pantai.

Fenomena burung pipit berjatuhan dan mendadak mati terjadi di Kuburan Banjar Sema, Desa Pring, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali.

Penelitian Bala Besar Veteriner (BBVet) menduga bahwa ribuan burung pipit mendadak mati karena kekurangan oksigen saat terbang akibat hujan lebat di daerah itu. Burung-burung itu tidak kuat melawan asam hujan.

"Kayak kita berenang terlalu banyak air, kita kan jadi sulit bernapas karena kekurangan O2. Karena hujan lebat dia kan, terguyur air banyak sekali. Di samping itu juga kemungkinan juga bisa matinya karena habis makan-makanan yang beracun," kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Gianyar, Made Santiarka yang merilis hasil riset BBVet, kepada Kompas.com, Jumat (17/9/2021).

Baca juga: Ini Penyebab Ribuan Burung Pipit Berjatuhan di Bali, Hasil Uji Laboratorium BBvet

Santiarka memastikan bahwa kematian ribuan burung itu bukan karena infeksius akibat mikroorganisme.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Peristiwa serupa terjadi di Cirebon. Ratusan burung pipit ditemukan mandi mendadak di lingkungan Kantor Pemerintah Kota Cirebon, Selasa (14/9/2021).

Sedikitnya 500 burung pipit pingsan dan mati di bawah pohon mangga dan sawo kecik.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Barat Ammy Nurwati mengatakan, kematian burung pipit itu karena perubahan cuaca yang cukup ekstrem.

Ikan-ikan berlompatan

Tangkapan layar ikan-ikan loncat ke pinggir pantaiInstagram/@dislautkandiy Tangkapan layar ikan-ikan loncat ke pinggir pantai

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.