Kompas.com - 25/09/2021, 08:45 WIB
Selain bisa meningkatkan imun, manggis juga bisa mengontrol gula darah. Unsplash/Art RachenSelain bisa meningkatkan imun, manggis juga bisa mengontrol gula darah.

KOMPAS.com - Manggis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Buah yang diyakini berasal dari Semenanjung Malaya ini bahkan disebut sebagai superfood, karena bisa mengatasi berbagai macam penyakit.

Garcinia mangostana L atau manggis, sejenis pohon hijau abadi ini, memiliki warna kulit buah merah matang hingga merah keunguan.

Dengan daging buah berwarna putih, manggis ternyata kaya akan vitamin, mineral dan senyawa antiinflamasi dan antioksidan.

Bahkan peneliti pun menyimpulkan bahwa buah manggis adalah buah yang memiliki kadar antioksidan paling tinggi di antara buah-buahan lain yang ada di dunia.

Baca juga: Kulit Buah Ini Jangan Dibuang, Enak Dimakan dan Bernutrisi Tinggi

Manfaat kesehatan manggis

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini manfaat buah manggis untuk kesehatan:

1. Membantu menurunkan berat badan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dilansir dari India Times, manggis mengandung kadar serat sangat tinggi dan properti antiinflamasi dengan kadar cukup besar.

Kedua properti ini bisa menyuport tubuh membakar lemak lebih maksimal. Di beberapa belahan dunia, manggis dikonsumsi rutin untuk digunakan membantu program diet atau menurunkan berat badan.

2. Mengontrol gula darah

Manggis mengandung xanthone yang bisa digunakan mengontrol gula dalam darah.Unsplash/Art Rachen Manggis mengandung xanthone yang bisa digunakan mengontrol gula dalam darah.
Kombinasi xanthone dan serat tinggi di dalam manggis bisa bermanfaat menurunkan kadar gula di dalam darah.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.