Logo HUT Ke-76 RI: Link Download, Pedoman Penggunaan, hingga Filosofi

Kompas.com - 21/06/2021, 07:00 WIB
Logo dan tema HUT ke-76 RI yang diunggah situs resmi Kementerian Sekretariat Negara, Kamis (17/6/2021). Kompas.com/Fitria Chusna FarisaLogo dan tema HUT ke-76 RI yang diunggah situs resmi Kementerian Sekretariat Negara, Kamis (17/6/2021).

KOMPAS.com - Pemerintah telah mengumumkan logo dan tema peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia (RI).

Logo dan tema HUT RI itu diunggah oleh situs resmi Kementerian Sekretariat Negara, 17 Juni 2021.

Melalui surat Menteri Sekretaris Negara Nomor B-446/M/S/TU.00.04/06/2021, Mensesneg Pratikno menyampaikan logo dan tema HUT RI itu ke seluruh jajaran pemerintah. 

Di antaranya kepada pimpinan lembaga, menteri, gubernur Bank Indonesia, jaksa agung, panglima TNI, kapolri, para pimpinan lembaga pemerintah nonkementerian, para pimpinan lembaga nonstruktural, para gubernur, bupati, hingga wali kota di seluruh Indonesia.

Baca juga: Cara dan Syarat Dapatkan Kartu Kuning Gratis untuk Pencari Kerja

Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kemensetneg, Eddy Cahyono Sugiarto menjelaskan, tema utama untuk Kemerdekaan ke-76 tahun RI sesuai yang sudah ditetapkan Presiden RI, yaitu Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.

"Tahun ini, Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia mengambil tema Indonesia "Tangguh, Indonesia Tumbuh," ujarnya kepada Kompas.com, Minggu (20/6/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Filosofi logo

Dihubungi terpisah Pranata Humas Ahli Pertama Kemensetneg, Bayu Gialucca Vialli menjelaskan logo Kemerdekaan ke-76 RI ini merupakan visualisasi tema yang diusung tahun ini.

"Tema tersebut mendeskripsikan nilai-nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam menempuh jalan penuh tantangan, agar dapat mencapai masa depan yang lebih baik," katanya pada Kompas.com, Minggu (20/6/2021).

Lanjutnya, deskripsi tersebut digambarkan dalam komposisi dinamis antar bentuk geometris yang sederhana, namun kokoh, dan dalam perpaduannya bergeliat dengan energi yang lincah.

Secara umum ada 4 makna logo, yaitu:

  1. Stabilitas dan pembangunan
  2. Gerak dan pertumbuhan
  3. Ruang kebersamaan
  4. Persatuan dan harapan.

Baca juga: Cara Mengecek Ketersediaan Tempat Tidur Rumah Sakit Pasien Covid-19

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X