Kompas.com - 22/05/2021, 11:00 WIB
Ilustrasi bitcoin, aset kripto, cryptocurrency nytimes.comIlustrasi bitcoin, aset kripto, cryptocurrency

KOMPAS.com - Pekan ini, harga salah satu crypto money bitcoin alami kemerosotan dengan harga 39.323 dollar AS atau sekitar Rp 558,33 juta per kepingnya.

Penurunan angka ini terbilang anjlok hingga 40 persen. Sebab, pada April 2021, harga bitcoin mencapai 64.804 dollar AS atau sekitar Rp 931 juta.

Diketahui, penyebab harga bitcoin anjlok lantaran pemberitaan negatif terkait CEO Tesla, Elon musk, mengumumkan bahwa perusahaan mobil listriknya tidak lagi menerima transaksi dengan bitcoin.

Menurutnya, proses penambangan bitcoin memberikan dampak negatif terhadap kondisi lingkungan.

Dari pernyataannya itu, lebih dari 300 miliar dollar AS hangus dari pasar mata uang kripto.

Lalu, apakah tepat memborong bitcoin saat nominalnya sedang anjlok?

Baca juga: 6 Hal yang Perlu Diketahui tentang Bitcoin

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bukan langkah bijak

Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group, Andy Nugroho mengatakan bahwa membeli dalam jumlah banyak atau memborong bitcoin saat sedang anjlok bukanlah langkah yang bijak.

"Meskipun saat ini harga crypto lagi anjlok, bukan berarti merupakan langkah bijak bila kita menaruh seluruh uang kita untuk diinvestasikan disitu," ujar Andy saat dihubungi Kompas.com, Jumat (21/5/2021).

Menurutnya, masyarakat yang tertarik dengan investasi bitcoin harus memperhatikan money management dan juga prinsip-prinsip perencanaan keuangan.

Selain itu, ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menaruh seluruh uang atau tabungannya di satu produk investasi saja.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.