Patut Disimak, Ini 7 Perbedaan pada SNMPTN dan SBMPTN-UTBK 2021

Kompas.com - 12/12/2020, 19:02 WIB
Peserta tengah mengerjakan soal SBMPTN 2018 di SMAN 1 Solo, Jawa Tengah, Selasa (8/5/2018). KOMPAS.com/Labib ZamaniPeserta tengah mengerjakan soal SBMPTN 2018 di SMAN 1 Solo, Jawa Tengah, Selasa (8/5/2018).

KOMPAS.com - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengumumkan mekanisme Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksin Masuk Bersama PTN (SBMPTN)-Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2021.

Proses pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN-UTBK 2021 akan dimulai pada Januari mendatang. Berbeda dengan sebelumnya, yang dimulai sejak Desember 2019.

Informasi terkait itu diumumkan lewat seminar daring Sosialisasi SNMPTN dan UTBK-SBMPTN 2021 yang disiarkan lewat Youtube resmi LTMPT pada Sabtu (12/12/2020).

Humas LTMPT Anwar Effendi menjelaskan terdapat sejumlah perbedaan pada pelaksaan SNMPTN dan SBMPTN-UTBK 2021 dengan 2020.

Baca juga: Jadwal, Syarat dan Tahapan Pendaftaran SNMPTN 2021

Lantas, apa saja perbedaannya?

1. Tidak semua data siswa diinput

Effendi menjelaskan pada SNMPTN 2021 tidak semua data siswa dari Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dimasukkan ke LTMPT. Hal tersebut dilakukan untuk efisiensi.

"Ada beda di mekanisme pengisian PDSS, tidak semua siswa diinput. Hanya siswa yang eligible, sesuai status akreditasi sekolah," ujarnya kepada Kompas.com, Sabtu (12/12/2020).

2. Kuota sekolah berbeda-beda

Dalam seminar daring, Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Prof Dr Budi Prasetyo Widyobroto menjelaskan ada pengumuman kuota SNMPTN untuk masing-masing sekolah secara terbuka. Hal itu tidak ada pada seleksi 2020.

Dia mengimbau sekolah untuk mengecek data siswa dan status sekolah di Pusdatin. Jika ada yang salah, diharapkan untuk segera dikoreksi. Sebab, itu penting untuk menetapkan kuota masing-masing sekolah.

"Artinya akan kita tunggu sampai 23 Desember, kemudian data dari pusdatin itu akan kita ambil, kemudian akan kita pakai untuk memperhitungkan kuota dari masing-masing sekolah," ujarnya dalam seminar daring.

Baca juga: Ingin Daftar SNMPTN 2021? Simak Persyaratan bagi Sekolah dan Siswa

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X