Daftar Wilayah yang Berpotensi Hujan Lebat pada 18-24 Oktober 2020

Kompas.com - 18/10/2020, 19:03 WIB
Ilustrasi hujan. oceanicpropertiesllc.comIlustrasi hujan.

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat yang terjadi di sejumlah wilayah Indonesia.

Peringatan dini ini dikeluarkan berdasarkan hasil pemantauan terhadap indikator laut dan atmosfer.

Hasil analisis pemantauan tersebut menunjukkan, suhu permukaan laut mendingin -0.5 derajat celsius hingga -1.5 derajat celsius selama 70 hari.

Hal ini juga diikuti oleh dominasi aliran zona angin timuran yang merepresentasikan penguatan angin pasat.

Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini BMKG, Miming Saepudin mengatakan, potensi hujan lebat ini diakibatkan oleh gelombang Madden Julian Oscillation ( MJO) yang terjadi pada awal fase La Nina.

"MJO aktif ini dapat berkontribusi signifikan terhadap pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia sehingga potensi terjadinya hujan intensitas lebat menjadi lebih tinggi terjadi di suatu wilayah," ujar Miming saat dihubungi Kompas.com, Minggu (18/10/2020).

Baca juga: Ingatkan Dampak La Nina, BNPB Minta Daerah Rawan Bencana Siapkan Tempat Evakuasi

Selain itu, catatan historis BMKG menunjukkan bahwa La Nina dapat menyebabkan terjadinya peningkatan akumulasi jumlah curah hujan bulanan di Indonesia hingga 40 persen di atas normalnya.

Hal ini mengakibatkan peningkatan curah hujan bulanan akibat La Nina dapat terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia kecuali Sumatera pada periode Oktober-November.

Sementara, pada periode Desember 2020 hingga Februari 2021 terjadi peningkatan curah hujan akibat La Nina dapat terjadi di Kalimantan bagian timur, Sulawesi, Maluku-Maluku Utara, dan Papua.

Baca juga: Peringatan Dini La Nina di Sulsel, Ini Saran BMKG

Wilayah yang berpotensi alami hujan lebat

BMKG memperkirakan sejumlah wilayah yang berpotensi hujan lebat atau akan terjadi peningkatan curah hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada 18-24 Oktober 2020.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X