Simak, 4 Cara Mencegah Gejala Nyeri Leher Selama Sekolah dan WFH

Kompas.com - 18/10/2020, 15:12 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Pandemi virus corona yang memaksa sebagian besar orang untuk memaksimalkan waktu di rumah.

Hal itu membuat seseorang menghabiskan lebih banyak waktu menatap layar ponsel atau laptop.

Terlebih, situasi bekerja dari rumah atau work from home (WFH) menambah durasi menatap layar dan memungkinkan seseorang mengalami "tech neck". 

Yaitu gejala seperti nyeri leher, nyeri punggung atas dan kaku, kejang otot, nyeri bahu, hingga sakit kepala.

Gejala-gejala tersebut dapat merayap dengan cepat dan terasa sakit.

Matthew Cooper, CEO USA Sports Therapy seperti dikutip dari Healthline mengatakan, Tech neck dihasilkan dari posisi tubuh yang secara tidak sadar sering diasumsikan saat melihat layar.

"Dalam posisi ini, dagu terangkat ke depan, bahu ke depan, dan seringkali leher tertekuk untuk melihat ponsel, keyboard, dan/atau komputer untuk waktu yang lama," kata dia. 

Baca juga: Tidur Kurang Nyenyak? Coba Konsumsi Makanan dan Minuman Ini!

Bagaimana cara mencegahnya?

Ilustrasi bekerja dari rumah atau work from home (WFH). (Dok. Vlada Karpovich - Pexels) Ilustrasi bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

Berikut empat cara menangkal kondisi ini antara lain:

1. Tempat kerja

Alih-alih menyediakan tempat untuk pemosisian postur tubuh yang baik, banyak orang yang bekerja dari meja makan, sofa, bahkan tempat tidur.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X