Kompas.com - 18/10/2020, 16:05 WIB
Ilustrasi hujan lebat di daerah tropis. SHUTTERSTOCKIlustrasi hujan lebat di daerah tropis.

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) berulang kali mengingatkan fenomena La Nina di Samudera Pasifik dengan intensitas sedang (moderate).

La Nina dapat menyebabkan terjadinya peningkatan akumulasi curah hujan bulanan di Indonesia hingga 40 persen di atas normal.

Namun, dampak La Nina tidak seragam di seluruh Indonesia, baik secara spasial maupun temporal.

Selain pengaruh sirkulasi angin monsun dan anomali iklim di Samudera Pasifik, penguatan curah hujan di Indonesia juga turut dipengaruhi oleh penjalaran gelombang atmosfer ekuator dari barat ke timur berupa gelombang Madden Julian Oscillation (MJO).

Baca juga: Prakiraan Cuaca BMKG: Jakarta Cerah Berawan, Bodebek Berpeluang Hujan

Apa itu gelombang MJO?

Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini BMKG Miming Saepudin mengatakan, MJO merupakan fenomena di atmosfer yang mengindikasikan pergerakan sistem konvektifitas udara skala besar. 

Ia menjelaskan, fenomena ini terjadi di sekitar wilayah ekuatorial.

Sistem konvektivitas udara skala besar ini berpropagasi ke arah timur mulai dari arah Samudera Hindia ke arah Samudera Pasifik dan melewati wilayah Indonesia.

"MJO memiliki siklus propagasi 30 hingga 90 hari, yang berarti bahwa dampak aktifnya MJO terjadi di suatu wilayah di sepanjang ekuator (dalam hal ini wilayah Indonesia) dapat berulang sekitar 30-90 hari," ujar Miming saat dihubungi Kompas.com, Minggu (18/10/2020).

MJO aktif ini dapat berkontribusi signifikan terhadap pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia sehingga potensi terjadinya hujan intensitas lebat menjadi lebih tinggi terjadi di suatu wilayah.

Disebutkan, gelombang MJO terjadi pada fase awal La Nina.

Baca juga: Jokowi Peringatkan soal La Nina, Kenali Dampak dan Hal yang Diwaspadai

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X