[HOAKS] Tim Kampanye Galang Dana untuk Kesembuhan Donald Trump

Kompas.com - 03/10/2020, 19:45 WIB
Ilustrasi hoaks FreepikIlustrasi hoaks
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Beredar informasi lewat surat elektronik yang diunggah di media sosial bahwa tim kampanye Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump meminta penggalangan dana atas kondisi Trump yang terinfeksi Covid-19.

Penggalangan dana dengan target 421 juta dolar AS itu muncul beberapa jam setelah Presiden AS Donald Trump dan Ibu Negara Melania Trump dinyatakan positif mengidap Covid-19.

Tim kampanye Trump menegaskan surat elektronik itu palsu.

Narasi yang Beredar

Media sosial ramai menginformasikan soal surat elektronik (e-mail) berisi permintaan donasi dana untuk Presiden AS, Donald Trump, yang terinfeksi virus corona.

Surat elektronik yang diteruskan oleh sejumlah akun ke media sosial itu memuat logo "Trump Pence", logo kampanye kepresidenan Donald Trump.

Salah satu akun Facebook yang memuat informasi itu yakni Connie Poe. Dalam statusnya pada Jumat (2/10/2020) dia mengunggah tangkapan layar surat elektronik disertai kalimat: "DONATE! to help trump recover from Covoid-19!"

Berikut isi lengkap surat elektronik berdasarkan unggahan status Connie Poe.

"Friend,
by now you have heard the news.
President Trump and the First Lady has tested positive for the China Virus. The next few weeks will be difficult for Americans from all across the nation and we ask for your thoughts and prayers.
He appreciates your unwavering support during this time and wants you to know that it has not gone unnoticed.
President Trump would like to ask a favor. Will you please DONATE to help him recover from this disease? It is only fair since he has sacrificed millions of dollars to serve as you President.
Help us reach goal of 421 million to ensure our President will recover to serve another 4 years!
He is fighting for all of us!"

Isi email yang tersebar di media sosial soal penggalangan dana untuk Presiden AS Trump.Facebook Isi email yang tersebar di media sosial soal penggalangan dana untuk Presiden AS Trump.

Berikut isi surat elektronik tersebut dalam bahasa Indonesia:

"Kawan,
saat ini kamu sudah mendengar beritanya.
Presiden Trump dan Ibu Negara dinyatakan positif mengidap Virus China. Beberapa minggu ke depan akan sulit bagi orang-orang Amerika dari seluruh negara dan kami meminta perhatian dan doa Anda.
Presiden Trump menghargai dukungan teguh Anda selama ini dan dia ingin Anda tahu bahwa dukungan Anda tidak luput diperhatikan.
Presiden Trump ingin meminta bantuan. Maukah Anda BERDONASI untuk membantunya sembuh dari penyakit ini? Ini adil karena dia telah mengorbankan jutaan dolar untuk melayani Anda sebagai Presiden.
Bantu kami mencapai target 421 juta untuk memastikan Presiden kita akan pulih untuk melayani kita 4 tahun lagi!
Dia berjuang untuk kita semua!"

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X