Kepulauan Solomon Laporkan Kasus Pertama Virus Corona

Kompas.com - 03/10/2020, 18:48 WIB
Kepulauan Solomon Shutterstock/Ethan DanielsKepulauan Solomon

KOMPAS.com - Virus corona yang telah menyebar ke seluruh dunia sejak Desember 2019, kini telah menginfeksi lebih dari 100 negara.

Setelah hampir 10 bulan, ada negara yang baru saja melaporkan kasus pertama Covid-19.

Negara itu adalah Kepulauan Solomon.

Kepulauan Solomon terletak di Samudera Pasifik di mana bagian timur berbatasan dengan Papua Nugini.

Melansir Xinhua, Sabtu (3/10/2020), kasus Covid-19 pertama di negara itu diumumkan langsung oleh Perdana Menteri Manasseh Sogavare.

Pasien tersebut adalah seorang pelajar pria yang kembali dari Filipina pada awal pekan ini.

Menurut laporan media lokal,  Sabtu, Perdana Menteri Kepulauan Solomon Manasseh Sogavare membuat pidato nasional khusus pada Sabtu sore bahwa negara itu tidak lagi bebas Covid-19.

Baca juga: Kepulauan Solomon Akui China Usai Terima Bantuan Rp 7 Triliun dari Beijing

Pemerintah Kepulauan Solomon memang melakukan penerbangan repatriasi untuk pelajar di Filipina dan Indonesia pada September 2020.

Sebelum melakukan penerbangan, para pelajar tersebut harus menjalani pengujian hingga tiga kali.

Sogavare mengatakan, pelajar yang dikonfirmasi sebagai kasus Covid-19 pertama dinyatakan negatif dalam ketiga tes wajib sebelum naik ke pesawat.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X