Awas! Ini Beragam Hal yang Bisa Membuat Kartu Prakerja Dicabut

Kompas.com - 30/08/2020, 14:33 WIB
Banyak pekerja yang di-PHK berusaha mendaftarkan diri untuk mendapat bantuan lewat skema Kartu Prakerja ADITYA PRADANA PUTRA/AntaraBanyak pekerja yang di-PHK berusaha mendaftarkan diri untuk mendapat bantuan lewat skema Kartu Prakerja
|

KOMPAS.com – Program Kartu Prakerja yang diluncurkan pemerintah di tengah pandemi virus corona saat ini telah sampai pada gelombang 6.

Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 6 telah dibuka mulai Kamis (27/8/2020).

Sama seperti gelombang 4 dan 5, kuota yang disediakan Kartu Prakerja gelombang 6 ini adalah sebanyak 800.000 peserta.

Sementara, pengumuman siapa saja yang lolos Kartu Prakerja gelombang 5 sudah dilakukan pada Sabtu (29/8/2020).

Sebagaimana pada gelombang sebelumnya, walau sudah dinyatakan diterima, tidak serta merta peserta langsung mendapatkan insentif Kartu Prakerja.

Peserta masih harus mengikuti pelatihan sampai selesai. Selain itu, setelah penerimaan ini peserta juga perlu berhati-hati.

Sebab, kepesertaan penerima Kartu Prakerja dapat dicabut apabila melanggar ketentuan yang ditetapkan.

Baca juga: Hari Ini Pengumuman Kartu Prakerja Gelombang 5, Apa Langkah Selanjutnya?

Penyebab kepesertaan Prakerja dicabut

Mengutip website Prakerja.go.id, kepesertaan dapat dicabut apabila penerima Kartu Prakerja tidak melakukan pembelian pelatihan dalam tenggat waktu yang ditentukan.

Sebagaimana diketahui, mereka yang diterima dalam pendaftaran Kartu Prakerja wajib melakukan pembelian pelatihan pertamanya.

Tenggat waktunya, paling lambat 30 hari setelah peserta mendapatkan pemberitahuan penetapan sebagai penerima Kartu Prakerja.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X