Ada Aturan Safe Distancing, Warga Singapura Didenda Rp 111 Juta jika Tak Jaga Jarak Minimal 1 Meter

Kompas.com - 27/03/2020, 19:02 WIB
Pengunjung di Bandara Changi, Singapura, mempraktikkan social distancing, untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. Gambar diambil pada 23 Maret 2020. WALLACE WOON/EPA-EFEPengunjung di Bandara Changi, Singapura, mempraktikkan social distancing, untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. Gambar diambil pada 23 Maret 2020.

KOMPAS.com - Warga di Singapura yang sengaja duduk berdekatan di tempat umum akan dikenakan denda 10.000 dollar Singapura atau setara dengan Rp 111,5 juta.

Jarak minimal yang diperbolehkan adalah 1 meter dari orang lain di tempat umum atau di kursi tetap yang ditandai tidak akan ditempati.

Mereka yang berdiri dalam antrean dengan jarak kurang dari satu meter dari orang lain juga akan ditindak.

Mengutip Straits Times, peraturan tersebut disusun oleh Pemerintah Singapura untuk mencegah penularan virus corona atau Covid-19, dan akan mulai diterapkan pada hari ini, Jumat (27/3/2020).

Selain denda uang, warga yang melanggar juga akan mendapatkan hukuman penjara hingga 6 bulan.

"Siapa pun yang bersalah atas pelanggaran akan dikenakan hukuman denda maksimal 10.000 dollar atau penjara selama jangka waktu enam bulan atau keduanya," demikian bunyi aturan yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan Singapura.

Baca juga: Kisah Pramugari dan Pilot Singapura yang Terdampak Corona...

Larangan itu berdasarkan pembaruan Undang-Undang Penyakit Menular yang dibuat oleh Kementerian Kesehatan Singapura untuk mencegah penyebaran virus corona dan diterbitkan dalam Lembaran Negara, Kamis (26/3/2020).

Peraturan tersebut dikeluarkan untuk memberikan kekuatan hukum dalam langkah-langkah Singapura menerapkan jaga jarak (safe distancing).

Kebijakan safe distancing ini juga termasuk larangan pertemuan yang dihadiri lebih dari 10 orang.

Meski demikian, acara yang dilakukan di tempat kerja dan institusi pendidikan masih diperbolehkan.

Halaman:
Baca tentang

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X