Helm Purwarupa dari UGM, Helm Pelindung untuk Tenaga Medis

Kompas.com - 27/03/2020, 18:03 WIB
Helm Purwarupa yang didesain oleh Fakultas Teknik UGM dan didistribusikan ke rumah sakit-rumah sakit untuk perlindungan diri para tenaga kesehatan. Dok. UGMHelm Purwarupa yang didesain oleh Fakultas Teknik UGM dan didistribusikan ke rumah sakit-rumah sakit untuk perlindungan diri para tenaga kesehatan.

KOMPAS.com -  Center for Innovation of Medical Equipments and Devices ( CIMEDs) dari Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada ( UGM) membuat helm pelindung wajah (face shield) untuk para tenaga medis.

Helm ini diciptakan sebagai bagian perlindungan diri para tenaga medis yang menangani pasien kasus infeksi virus corona.

Ketua Tim Peneliti CIMEDs, Dr. Suyitno, ST., M.Sc, mengungkapkan, pelindung wajah ini bisa digunakan untuk melindungi tenaga medis dari percikan cairan maupun embusan napas secara langsung dari pasien Covid-19.

"Kalau helm ini tahan lama. Namun berapa lama, pastinya kita lihat nanti di lapangan. Ini dipergunakan untuk tenaga medis, untuk (menangani) Covid-19," ujar Suyitno saat dikonfirmasi Kompas.com pada Jumat (27/3/2020).

Suyitno menjelaskan, helm pelindung wajah ini telah didistribusikan ke sejumlah rumah sakit dan puskesmas yang membutuhkan.

Baca juga: 11 Rumah Sakit Rujukan Corona di NTT Kekurangan Alat Pelindung Diri

Hingga saat ini, kata Suyitno, CIMEDs UGM telah memproduksi sebanyak lebih dari 600 buah helm purwarupa.

Ratusan helm ini sudah didistribusikan ke sejumlah rumah sakit di Yogyakarta dan Jawa Tengah.

"Sudah didistribusikan ke RSUP Dr. Sardjito, RSUD Sleman, RSUD Kota, RS Panembahan Senopati Bantul, RS Temanggung, RS Pemalang, dan beberapa puskesmas dan klinik-klinik pada Minggu (22/3/2020)," ujar Suyitno.

CIMEDs akan terus memproduksi helm pelindung wajah ini sampai permintaan berhenti.

Pembuatan helm pelindung wajah dilakukan oleh dua tim CIMEDs UGM.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X