Diminta Segera Temukan Vaksin Covid-19, Para Ahli Debatkan Risiko

Kompas.com - 11/03/2020, 21:31 WIB
Ilustrasi vaksin Shutterstock.com Ilustrasi vaksin

KOMPAS.com - Jumlah kasus infeksi virus corona masih terus bertambah di seluruh dunia, sementara vaksin atau obat yang efektif masih belum dapat dipastikan. 

Para ahli dari berbagai negara hingga hari ini masih terus berupaya untuk bisa menemukan formulasi yang pas untuk melawan virus coronya penyebab penyakit Covid-19.

Namun, para ilmuwan belum bisa menjanjikan vaksin ini akan ditemukan dalam waktu dekat. Setidaknya butuh waktu tak sebentar hingga akhirnya vaksin temuan bisa dipatenkan dan digunakan secara global.

Oleh karena itulah, para peneliti atau ahli ini banyak menerima tekanan untuk bisa menemukan vaksin tersebut dalam waktu yang lebih singkat.

Tidak ada alasan lain, ini karena virus corona terus meluas hingga hari ini dan tidak ada obat pasti yang bisa digunakan.

Baca juga: Seperti Ini Media-media Asing Beritakan Meninggalnya Pasien Covid-19 di Indonesia

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Risiko pengujian cepat

Menyikapi tekanan itu, para ahlipun memperdebatkan adanya risiko yang mungkin terjadi apabila proses pengujian dipercepat.

Mereka menyebut vaksin yang ditemukan dalam waktu terburu-buru justru bisa menimbulkan peningkatan vaksin yang dapat memperburuk infeksi, bukan mencegah apalagi menyembuhkannya.

Pada umumnya para peneliti membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk menguji vaksin pada hewan, sebelum akhirnya diterapkan pada manusia.

Namun, pada kondisi darurat kesehatan akibat virus corona hari ini, para ahli langsung mengujicobakannya pada sejumlah kecil manusia yang terinveksi, tanpa melalui proses uji di hewan terlebih dahulu.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X