Memahami Cara Kerja Hujan Buatan Memadamkan Api Kebakaran Hutan

Kompas.com - 21/09/2019, 12:29 WIB
Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis yang berbatasan dengan wilayah Kota Dumai, Riau, Selasa (26/2/2019). Upaya pemadaman dibantu dengan water bombing dengan menggunakan helikopter Super Puma milik Perusahaan Sinarmas. Dok Tim Satgas Karhutla Riau KOMPAS.com/IDON TANJUNGKebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis yang berbatasan dengan wilayah Kota Dumai, Riau, Selasa (26/2/2019). Upaya pemadaman dibantu dengan water bombing dengan menggunakan helikopter Super Puma milik Perusahaan Sinarmas. Dok Tim Satgas Karhutla Riau

KOMPAS.com – Upaya mengatasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di sejumlah wilayah di Sumatera dan Kalimantan masih terus dilakukan berbagai pihak. 

Di Kalimantan Tengah, upaya yang dilakukan salah satunya melalui hujan buatan menggunakan Teknologi Modifikasi Cuaca yang dilakukan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Bagaimana sebenarnya cara kerja hujan buatan dan efektivitasnya memadamkan api kebakaran hutan?

Kepala Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca BPPT, Dr. Tri Handoko Seto, M.Sc, mengatakan, pelaksanaan hujan buatan untuk wilayah Kalimantan Tengah sudah dilaksanakan sejak sekitar 4 hari yang lalu.

“Ini pilihan yang harus ditempuh. Teknologi ini butuh awan, yang kami beri perlakuan sehingga dia jadi hujan. Diharapkan hujan ini akan mampu membasuh asap dan memadamkan api,” ujar Seto, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (21/9/2019).

Baca juga: KLHK Segel 9.000 Hektar Lahan Milik Perusahaan Terkait Kebakaran Hutan dan Lahan

Sejak diterapkan hujan buatan, lanjut Seto, di beberapa wilayah Kalimantan Tengah seperti Palangkaraya dan Pulang Pisau, hujan turun cukup deras.

Meski demikian, upaya ini belum secara total memadamkan api kebakaran hutan di wilayah itu.

“Belum, kemarin hujan-hujan yang terjadi masih sporadis, hanya level kecamatan sekitar sekian ribu kilometer persegi,” kata Seto.

“Kalteng ini kan sangat luas, distribusi hot spot kebakaran hutan nyaris merata. Sehingga upaya kemarin belum cukup,” lanjut dia.

Dua metode dan cara kerja hujan buatan

Dalam penanganan kebakaran hutan dan kabut asap, Seto mengatakan, ada dua metode yang digunakan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X