Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Profil Shen Yinhao dan Sivakorn Pu-Udom, Wasit yang Pimpin Laga Indonesia Vs Uzbekistan

KOMPAS.com - Wasit Shen Yinhao dan Sivakorn Pu-Udom bakal memimpin laga semifinal Piala Asia U23 antara Indonesia vs Uzbekistan pada Senin (29/1/2024) di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar.

Shen Yinhao akan menjadi wasit utama pada pertandingan semifinal Piala Asia U23 2024 itu, sedangkan Sivakorn Pu-Udom bertugas sebagai wasit VAR.

Dua pengadil tersebut tidak asing bagi pemain Indonesia. Pasalnya, mereka pernah memimpin pertandingan yang melibatkan Garuda Muda.

Lantas, seperti apa profil Shen Yinhao dan Sivakorn Pu-Udom?

Profil Shen Yinhao

Shen Yinhao adalah wasit asal China yang lahir di Shanghai pada 6 November 1986.

Karier wasit berusia 37 tahun itu terbilang cemerlang. Dilansir dari Transfermarkt, Shen Yinhao telah mendapat lisensi wasit FIFA pada 2018.

Pada 2024, dia dipercaya menjadi wasit untuk pertandingan Nepal vs Yaman dan Palestina vs Bangladesh di Kualifikasi Piala Dunia Asia.

Pada pertandingan Nepal vs Yaman, Shen Yinhao mengeluarkan 3 kartu kuning. Sementara pada pertandingan Palestina vs Banglades, ia mengeluarkan 2 kartu kuning.

Sepanjang 2023-2024, Shen Yinhao telah ditunjuk menjadi wasit untuk Piala AFC, Liga Super China, dan Piala Asia U23 2024.

Di perhelatan Piala Asia U23 2024, wasit asal China itu memimpin pertandingan antara Thailand dan Arab Saudi. Dia mengeluarkan 4 kartu kuning selama pertandingan yang digelar pada 19 April 2024 itu.

Kontroversi Shen Yinhao

Sebelum di Piala Asia U23 2024, Shen Yinhao pernah memimpin laga yang melibatkan timnas Indonesia.

Dikutip dair Kompas.com (9/5/2023), momen itu terjadi ketika Garuda Muda bertanding melawan Kamboja di SEA Games 2023 yang berlangsung di Stadion Olimpiade Nasional, Phnom Penh, pada Rabu (10/5/2023).

Namun, pada saat itu, terdapat beberapa keputusan Shen Yinhao yang dinilai ganjil. Paling fatal, Shen Yinhao menjatuhkan hukuman pinalti timnas U22 Indonesia lantaran Muhammad Ferarri melanggar pemain Kamboja.

Padahal, dalam tayangan ulang di televisi, pelanggaran yang dilakukan Ferarri terjadi di luar kotak pinalti.

Beruntung, tendangan Lim Pisoth sebagai eksekutor berhasil ditangkis oleh Kiper Timnas U-22 Indonesia, Adi Satryo.

Profil Sivakorn Pu-Udom

Selain Shen Yinhao, Sivakorn Pu-Udom juga akan menjadi wasit VAR di laga Indonesia vs Uzbekistan.

Dikutip dari Transfermarkt, Sivakorn Pu-Udom adalah wasit asal Thailand yang lahir pada 26 November 1987.

Wasih berusia 36 tahun itu juga telah mendapat lisensi wasit FIFA pada 2013.

Sepanjang 2023-2024, dia telah menjadi wasit pada 24 pertandingan dan mengeluarkan kartu kuning sebanyak 114, kartu kuning kedua 2 kali, dan tendangan pinalti 3 kali.

Sepanjang tahun 2023/2024 itu, Sivakorn Pu-Udom tidak pernah mengeluarkan hukuman kartu merah.

Kontroversi Sivakorn Pu-Udom

Selama menjadi wasit di perhelatan Piala Asia U23 2024, Sivakorn Pu-Udom beberapa kali mengeluarkan keputusan kontroversi yang disinyalir "membantu" Qatar.

Salah satunya, saat dirinya mengesahkan gol Mohammad Al-Manai, pemain Qatar ke gawang Yordania.

Gol itu terjadi pada menit ke-90+14. Padahal, Sivakorn Pu-Udom hanya memberikan tambahan waktu selama 10 menit saja di babak kedua.

Keputusan kontroversi lainnya juga merugikan timnas Indonesia ketika melawan Qatar di laga pembuka Piala Asia U23 2024.

Saat Sivakorn Pu-Udom juga bertugas menjadi wasit VAR, timnas U-23 Indonesia banyak mendapatkan keputusan kontroversial dari wasit utama Nasrullo Kabirov dari Tajikistan.

Indonesia juga menerima dua kartu merah dan satu hukuman penalti dari Sivakorn Pu-Udom yang bertindak sebagai wasit VAR.

Keputusan paling kontroversial terjadi ketika Ivar Jenner mendapatkan kartu kuning kedua setelah dianggap wasit utama Nasrullo Kabirov menginjak kaki pemain Qatar. Padahal, dalam tayangan ulang, Ivar Jenner terlihat minim kontak dengan pemain Qatar.

Kini, pada pertandingan Indonesia melawan Uzbekistan, wasit Sivakorn Pu-Udom dan Shen Yinhao kembali ditunjuk menjadi pengadil pertandingan merebutkan tiket ke final Piala Asia U23 2024.

https://www.kompas.com/tren/read/2024/04/28/143000965/profil-shen-yinhao-dan-sivakorn-pu-udom-wasit-yang-pimpin-laga-indonesia-vs

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke