Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Manfaat Daun Jati Cina bagi Kesehatan

Bernama latin Cassia acutifolia atau Cassia angustifolia, daun jati cina berbentuk lonjong dengan pangkal dan ujung meruncing. Tanaman ini juga memiliki daun kelopak lima berwarna kuning.

Dikutip dari buku Buku Pintar Tanaman Obat: 431 Jenis Tanaman Penggempur Aneka Penyakit (2008) terbitan Agromedia Pustaka, daun jati cina mengandung senyawa seperti senosida, glikosida rhein, aloeemodin, musilago, flavonoid, glikosida naftalena, isoramnetin, asam krisofanat, senakrol, senapikrin, katartomanit, dan sebagainya.

Kandungan ini membuatnya kerap digunakan sebagai obat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Lantas, apa saja manfaat daun jati cina?

Manfaat daun jati cina

Berikut sederet manfaat yang akan didapat setelah mengonsumsi daun jati cina atau daun senna.

1. Mengurangi sembelit

Dilansir dari buku Teh Daun Jati Cina dan Daun Alpukat Kaya Manfaat bagi Kesehatan Lansia oleh Retno Dewi Noviyanti dan Dewi Pertiwi Dyah Kusudaryati, daun senna mengandung senyawa senosida.

Kandungan ini membuatnya ampuh melancarkan buang air besar atau bersifat laksatif. Karenanya, tanaman ini dapat mengatasi sembelit dan menjadi obat pencahar alami.

Senyawa tadi bekerja dengan memicu gerakan dalam usus yang memudahkan feses keluar. 

2. Bantu menyiapkan kolonoskopi

Kolonoskopi merupakan tindakan pengecekan masalah pada usus besar dan rektum. Dokter akan memastikan organ tersebut bersih dari feses sebelum melakukannya.

Daun senna yang diseduh menjadi teh akan mampu membersihkan usus dari kotoran dengan lebih baik. Ini berkat kandungan senyawa magnesium sitrat di dalamnya.

3. Mengatasi wasir

Selain mengatasi sembelit, minuman dari daun cina juga menurunkan risiko wasir atau pembengkakan pembuluh darah pada anus atau ujung usus besar.

Namun, daun ini tidak langsung mengobati wasir. Daun senna hanya membantu mengurangi sulit BAB yang membuat tubuh perlu mengejan lebih keras.

Sindrom iritasi usus besar (IBS) adalah kelainan pada usus besar akibat gangguan kontraksi otot atau masalah saraf yang mengatur kerja saluran pencernaan. 

Daun senna dapat digunakan untuk mengurangi gejala sulit BAB bagi penderita IBS berkat sifat laksatifnya. Namun, penggunaannya tidak dianjurkan untuk jangka panjang.

5. Sumber antioksidan

Teh dari daun senna atau jati china juga bermanfaat memberikan asupan antioksidan bagi tubuh karena kaya akan antioksidan berupa flavonoid, tanin, dan anthraquinones.

Ketiga kandungan tersebut dapat menangkal paparan radikal bebas di tubuh.

6. Mengobati asam urat

Daun jati china juga menjadi pengobatan herbal bagi penderita asam urat, karena mengandung kadar polifenol.

Senyawa itu mampu meredakan asam urat dengan menghambat enzim xanthine oxidase.

Untuk mengonsumsinya, kombinasikan dengan teh hijau, daun jati belanda, dan daun tempuyung.

7. Mengontrol gula darah

Daun senna juga dapat mengontrol kadar gula dalam tubuh berkat kadar kafein di dalamnya. 

Selain itu, kandungan saponin di dalamnya juga berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh untuk melawan radikal bebas.

8. Mengatasi infeksi kulit

Dikutip dari situs Pusat Informasi Bioteknologi Nasional (NCBI) dari Perpustakaan Kedokteran Nasional Amerika Serikat, penelitian menunjukkan bahwa daun senna bermanfaat bagi kulit.

Senna membantu mengendalikan masalah kulit, seperti kulit kasar, melepuh, bengkak, gatal, serta pendarahan. 

Daun tersebut juga punya sifat antibakteri yang membantu mengatasi gangguan dermatologis, menyembuhkan infeksi kulit seperti jerawat, dan gangguan peradangan seperti eksim. Ekstrak etanol dari senna dapat digunakan untuk memerangi mikroorganisme penyebab jerawat.

Selain itu, daun senna juga kaya akan vitamin, mineral, dan senyawa bioaktif lain. Ini membuat daun tersebut dapat menjadi antimikroba serta meningkatkan imunitas tubuh untuk memerangi penyakit.

https://www.kompas.com/tren/read/2024/02/11/180000765/8-manfaat-daun-jati-cina-bagi-kesehatan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke