Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Alasan Mengapa Tidak Boleh Minum Teh Saat Perut Kosong

Namun yang perlu diperhatikan, minum teh dalam keadaan perut kosong bisa menyebabkan beberapa kondisi yang mempengaruhi tubuh.

Dilansir dari Health Shots (2/11/2022), menurut sejumlah peneliti, semua jenis minuman berkafein seperti kopi dan teh hijau, teh susu, teh oolong, dan teh hitam dapat bereaksi saat perut kosong dan panas semakin meningkatkan risikonya.

Berikut alasan mengapa tidak boleh minum teh saat perut kosong. 

Studi ini juga menyebutkan peningkatan risiko kanker kerongkongan dan perut dari minum teh yang terlalu panas yang tidak dapat ditoleransi oleh perut kosong.

Selain itu, kandungan antioksidan dan polifenol yang kuat di dalam teh mjuga menyebabkan keasaman yang bisa mengiritasi perut.

2. Dapat menyebabkan sakit kepala

Alasan selanjutnya mengapa tidak boleh minum teh saat perut kosong yaitu dapat menyebabkan sakit kepala.

Dalam jurnal penelitian yang diterbitkan oleh Taylor & Francis tentang minum teh, penulis Carolyn M. Matthews menyebutkan bahwa teh dapat menyebabkan mual dan sakit kepala, terutama ketika dikonsumsi dengan perut kosong.

Pasalnya, teh mengandung kafein dan dapat dikaitkan dengan hiperstimulasi sistem saraf pusat, seperti insomnia, agitasi, atau tremor.


3. Menghambat penyerapan nutrisi

Kandungan polifenol seperti tanin dan kafein yang terdapat pada teh dapat menurunkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi seperti zat besi dari makanan.

Efek tersebut bisa semakin kuat bila teh terlalu banyak dikonsumsi, terlebih saat perut kosong.

Untuk itu, disarankan untuk makan sepotong kue atau makanan apapun terlebih dahulu sebelum menyesap teh di pagi hari.

4. Memengaruhi metabolisme tubuh

Dikutip dari Times of India (1/3/2023), minuman pertama yang diminum di pagi hari dapat membantu membersihkan bakteri dalam tubuh.

Akan tetapi, minum kafein seperti teh dan kopi saat perut kosong dan dalam jumlah tinggi di pagi hari jdapat memengaruhi keluarnya bakteri dari mulut ke usus. Sehingga, ini dapat dapat memengaruhi pencernaan dan metabolisme.

Selain itu, kebiasaan minum kafein saat perut kosong di pagi hari tidak hanya memengaruhi pencernaan dan metabolisme, namun juga menyebabkan kesehatan usus terganggu.

5. Memicu mulas

Tak hanya menyebabkan iritasi perut, minum teh saat perut kosong juga dapat menyebabkan mulas, kembung, nyeri, dan peningkatan nyeri ulkus.

Hal ini karena asam dalam minuman berbasis teh atau kafein mengganggu asam pencernaan di perut dan menyebabkan kembung dan refluks asam.

6. Dehidrasi

Alasan terakhir untuk tidak minum teh saat perut kosong yaitu dapat menyebabkan dehidrasi.

Ini disebabkan lantaran teh bersifat diuretik, yang menyebabkan sering buang air kecil. Apabila tubuh tidak mendapatkan cukup cairan, ini dapat menyebabkan dehidrasi parah.

Untuk itu, air putih adalah pilihan terbaik yang bisa Anda minum sesaat setelah bangun tidur.

https://www.kompas.com/tren/read/2023/12/11/090000165/6-alasan-mengapa-tidak-boleh-minum-teh-saat-perut-kosong

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke