Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Manfaat Minum Teh Earl Grey Setiap Hari, Mengusir Sedih dan Menurunkan Berat Badan

Kompas.com - 17/05/2024, 08:00 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Teh populer sebagai minuman yang menenangkan dan banyak dinikmati oleh sebagian orang di dunia.

Adapun, setiap negara memiliki cara tersendiri dalam menikmati secangkir teh mereka, mulai dari cara menyeduhnya hingga penambahan bahan-bahan yang dinilai bisa menambah manfaat dari teh itu sendiri.

Dikutip dari Kompas.com (24/1/2022), ada salah satu varian teh yang berasal dari Inggris Raya yang dikenal sebagai earl grey.

Teh ini merupakan hasil racikan daun teh hitam yang diberi minyak esensial bergamot.

Sebuah studi dari University of Messina menunjukkan, ekstrak bergamot mimiliki aktivitas antiproliferasi yang dapat menghambat penyebaran sel-sel ganas pada berbagai jenis kanker, termasuk yang memengaruhi usus besar, hati, dan kulit.

Lantas, apa saja manfaat minum teh earl grey setiap hari?

Baca juga: Ini yang Akan Terjadi pada Tubuh Saat Minum Teh Hitam Selama Sebulan

Manfaat minum teh earl grey setiap hari

Dilansir dari Times of India, berikut beberapa manfaat yang jarang diketahui dari teh earl grey:

1. Memberikan tambahan energi

Bagi mereka yang bergantung pada kafein di pagi hari, teh earl grey menawarkan alternatif yang lebih lembut. Teh ini memiliki kandungan kafein yang lebih sedikit dibandingkan kopi.

Selain itu, teh earl grey juga memiliki kandungan potasium yang dapat membantu menghidrasi tubuh dan menjaga tingkat energi optimal sepanjang hari.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh NHS Inggris menegaskan bahwa teh, seperti air, berkontribusi terhadap hidrasi secara keseluruhan sehingga mencegah kelesuan.

Baca juga: Kopi atau Teh, Pilihan Minuman Pagi Bisa Menentukan Kepribadian Seseorang

2. Mengubah mood dan meningkatkan kognitif

Earl grey adalah sekutu yang kuat dalam memerangi kabut otak di siang hari. Sebab teh ini mengandung L-theanine, asam amino yang dikenal bisa meningkatkan fokus dan kejernihan mental.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition tentang efek langsung dari minum teh terhadap suasana hati dan perhatian juga turut menyoroti manfaat kognitif dari menikmati secangkir teh earl grey saat merasa sedih.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Universitas Calabria menyoroti potensi earl grey dalam menjaga kesehatan kardiovaskular.

Saat dilakukan pada hewan, penelitian menunjukkan bahwa ekstrak bergamot, komponen utama earl grey, dapat membantu mengatur kadar kolesterol.

Adapun, penurunan kolesterol LDL, tekanan darah, dan peningkatan kolesterol HDL secara kolektif dapat mengurangi risiko penyakit jantung pada manusia.

Baca juga: Apa yang Terjadi pada Tubuh Saat Berhenti Minum Teh Selama Sebulan?

Earl grey adalah teh hitam yang diberi minyak esensial bergamot.SasaJo Earl grey adalah teh hitam yang diberi minyak esensial bergamot.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com