Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Rekomendasi Makanan Rendah Kalori, Cocok untuk Turunkan Berat Badan

Kompas.com - 16/05/2024, 19:45 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Kalori dibutuhkan oleh tubuh sebagai energi, untuk bergerak, menjaga tubuh tetap hangat, tumbuh kembang, beraktivitas, dan berpikir.

Kalori adalah energi yang diperoleh seseorang dari makanan dan minuman yang dikonsumsi, serta energi yang digunakan dalam aktivitas fisik.

Biasanya makanan rendah kalori dikonsumsi oleh orang-orang yang menjalani program menurunkan berat badan.

Secara sederhana, untuk menurunkan berat badan, Anda perlu mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang Anda bakar sepanjang hari.

Baca juga: Apa Itu Kalori? Berikut Manfaat dan Jumlah yang Direkomendasikan bagi Tubuh


Berikut adalah beberapa makanan rendah kalori yang bisa Anda konsumsi untuk membantu program penurunan berat badan:

1. Oat

Oat adalah pilihan yang cocok bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Mereka tidak hanya rendah kalori, tetapi juga tinggi protein dan serat.

Mengutip laman Healthline, porsi 40 gram oat kering hanya mengandung 154 kalori tetapi mengandung 5 gram protein dan 4 gram serat.

2. Beri-berian

Buah beri, termasuk stroberi, blueberry, raspberry, dan blackberry, adalah sumber pektin yang baik, sejenis serat makanan yang terbukti meningkatkan perasaan kenyang.

Mereka juga kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Dalam 150 gram blueberry, misalnya, hanya memasok 86 kalori tetapi mengandung 3,6 gram serat.

Baca juga: Kaya akan Nutrisi Penting, Berikut 7 Manfaat Buah Bluberi bagi Kesehatan

3. Ikan

Ikan rendah kalori serta kaya akan protein dan lemak yang menyehatkan jantung. Satu porsi ikan cod 85 gram menyediakan 13 gram protein dan kurang dari 60 kalori.

Terlebih lagi, protein ikan mungkin sangat bermanfaat untuk mengurangi tingkat rasa lapar dan nafsu makan bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

4. Kacang-kacangan

Karena kandungan protein dan seratnya yang tinggi, kacang-kacangan seperti buncis, kacang polong, dan lentil bisa sangat mengenyangkan.

Mereka juga rendah kalori, di mana dalam 198 gram lentil matang menyediakan sekitar 230 kalori, serta 15,6 gram serat dan hampir 18 gram protein.

Baca juga: 7 Manfaat Kesehatan Kacang Rebus, Atasi Alergi dan Turunkan Kolesterol

5. Dada ayam tanpa kulit

Dada ayam sering kali menjadi makanan pilihan bagi orang-orang yang ingin meningkatkan asupan protein sambil tetap memenuhi target kalori harian mereka.

Dilansir dari laman Verywell Health, dalam 100 gram dada ayam matang tanpa tulang dan tanpa kulit menyediakan 32 gram protein, 158 kalori, dan 3 gram lemak.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com