Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Viral, Video Kabut Asap Selimuti Uniska Banjarmasin, Kampus: Akibat Kebakaran Lahan

KOMPAS.com - Sebuah unggahan video yang memperlihatkan adanya kabut asap di kawasan kampus Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, viral di media sosial.

Video tersebut diunggah oleh akun TikTok @abdipersadafm pada Selasa (26/9/2023).

Dalam video yang diunggah, terlihat seseorang sedang membagikan masker kepada orang-orang di sekitar kampus. Sementara kabut asap pekat terlihat menyelimuti kampus.

Pengunggah menulis dalam unggahan, akibat asap yang berasal dari kebakaran lahan itu, banyak orang mengalami sesak napas.

Hingga Kamis (28/9/2023), unggahan tersebut telah dilihat lebih dari 332.000 kali dan disukai lebih dari 14.000 pengguna.

Penjelasan pihak kampus

Kepala Humas Uniska Achmad Rizal menyampaikan, kabut asap tersebut terjadi pada Senin (25/9/2023) sekitar pukul 12.00 WITA akibat kebakaran lahan.

"Karthula (kebakaran hutan dan lahan), seperti yang dialami pada beberapa wilayah di Kalimantan Selatan saat ini," ujar Rizal saat dihubungi Kompas.com, Kamis (28/9/2023).

Menurutnya lokasi lahan yang terbakar tersebut berada di belakang gedung kampus Uniska Handil Bhakti.

Untungnya, kebakaran tersebut tidak sampai merembet ke gedung kampus.

Rizal mengatakan, akibat adanya kabut asap tersebut, aktivitas perkuliahan akhirnya terpaksa dihentikan dan para mahasiswa diminta pulang untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Menurutnya, Rektor Uniska Abdul Malik langsung bergegas mendatangi lokasi kampus Handil Bakti untuk melihat langsung dan mengarahkan petugas terkait untuk segera melakukan pemadaman di area lahan yang terbakar.

"Saat ini api sudah berhasil dipadamkan. Alhamdulillah kondisi sudah kondusif sejak Senin malam. Hari Selasa perkuliahan sudah kembali seperti biasa," ujar Rizal.

"Pihak kampus bersiaga dengan menyiapkan BPK Uniska dan petugas yang berjaga untuk mengantisipasi jika terjadi kejadian susulan," imbuhnya.

https://www.kompas.com/tren/read/2023/09/28/130000265/viral-video-kabut-asap-selimuti-uniska-banjarmasin-kampus-akibat-kebakaran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke