Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Api Kebakaran Hutan Ditemukan di Wilayah Konservasi Orangutan

Melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (17/9/2019), CEO Yayasan BOS, Jamartin Sihite mengatakan, hingga saat ini lahan gambut seluas 80 hektar di wilayah kerjanya diterjang api.

Jamartin melanjutkan, dari total luas tersebut, rinciannya, 20 hektar lahan berada di daerah Sei Daha atau dekat dengan Pusat Penelitian Tuanan dan lahan seluas 60 hektar di Sei Mantangai.

Kedua lokasi tersebut berada di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah.

Api ditemukan di Program Konservasi Mawas, Kalimantan Tengah. Menurut Jamartin, program konservasi hutan gambut di wilayah Kabupaten Kapuas dan Barito Selatan ini adalah wilayah kerja Yayasan BOS terluas yang menghadapi potensi karhutla terbesar. Adapun luas area ini mencapai 309.000 hektar.

Menurutnya, api pertama kali ditemukan pada tanggal 3 September 2019 di daerah Sei Daha. Meski dapat dipadamkan, namun wilayah konservasi ini berdiri di atas lahan gambut yang memiliki sifat unik, sehingga membuat pemadaman tidak bisa dituntaskan.

Guna menanggulangi api, tim yang diterjunkan telah menggali 8 sumur bor dan menyiagakan 5 unit pompa.

“Sampai hari ini titik panas masih ditemukan di daerah seluas kurang lebih 20 hektar tersebut,” ucap dia.

Menurut Jamartin, kendala utama yang dihadapi adalah minimnya sumber air dan akses sulit menuju ke lokasi kebakaran. Jamartin menuturkan, tim beserta masyarakat sekitar berusaha mengendalikan dan memadamkan api.

“Tim kami di lapangan sampai detik ini bekerja sama dengan tim pemadam kebakaran dari masyarakat sekitar terus melawan ancaman api sembari berharap musim hujan segera tiba,” tegasnya.

Adapun selain Program Konservasi Mawas, Yayasan BOS juga mengelola Pusat Rehabilitasi Orangutan Samboja Lestari, Kalimantan Timur dan Pusat Rehabilitasi Orangutan Nyaru Menteng, Kalimantan Tengah.

Saat ini, tim medis telah disiagakan untuk membantu orangutan yang berada di tempat tersebut.

https://www.kompas.com/tren/read/2019/09/17/200000465/api-kebakaran-hutan-ditemukan-di-wilayah-konservasi-orangutan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke