Sejarah Cafe Racer, Jenis Motor Custom Asal Inggris

Kompas.com - 18/05/2022, 13:00 WIB

 KOMPAS.com - Cafe Racer adalah salah satu jenis atau gaya motor custom dari Inggris, yang menggabungkan motor balap dan motor jalanan.

Jenis motor ini pertama kali muncul pada 1950-an, dan kini menjadi salah satu jenis motor custom favorit para pencinta otomotif.

Asal-usul

Asal-usul Cafe Racer erat kaitannya dengan skena musik rock yang berkembang di Inggris antara 1950 hingga 1960-an

Seperi namanya, jenis motor ini berasal dari sebuah cafe atau kedai minum di Inggris.

Kafe tersebut bernama Ace Cafe, yang terletak di North Circular Road, jalan lingkar yang mengitari Kota London, Inggris.

Sebelum menjadi tempat berkumpul para pengendara motor, kafe yang dibuka pada 1938 ini menjadi salah satu tempat pemberhentian para sopir truk.

Baca juga: Britpop, Masa Kejayaan Musik Rock Inggris

Ketika musik rock mulai ramai di Inggris, kafe ini menjadi rujukan tempat berkumpul anak muda dan para pengendara motor.

Hal ini karena pada masa itu, musik rock tidak diputar melalui radio dan salah satu cara mendengarkannya adalah melalui pemutar musik di Ace Cafe.

Selain itu, kafe ini juga menyediakan fasilitas penunjang bagi para pengendara motor, seperti pompa, bengkel, dan tempat untuk mencuci motor.

Hal itu menyebabkan kafe ini tidak pernah sepi pengunjung dan selalu dibanjiri para pengendara motor.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.