Sejarah Anime: Awal Kemunculan dan Perkembangannya di Indonesia

Kompas.com - 18/05/2022, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Anime adalah kartun atau animasi bergaya Jepang yang saat ini dinikmati oleh masyarakat dunia.

Melansir Encyclopedia Britannica, awalnya anime hanya direncanakan untuk pasar Jepang sendiri. Beberapa referensi dari anime juga mengacu pada budaya unik dari Jepang.

Lambat laun, penayangan anime merambah ke berbagai negara dan meraih populeritas, termasuk di Indonesia. Bahkan, anime menjadi salah satu tonggak dari budaya populer Jepang.

Meski dikemas dalam bentuk kartun, anime bukan hanya ditujukan bagi anak-anak saja. Beberapa tema anime bahkan ditujukan khusus untuk orang dewasa.

Kini, anime menjadi salah satu bentuk budaya populer dari Jepang, bersama manga (komik Jepang), dorama (drama televisi Jepang), dan beberapa jenis musik Jepang.

Lantas, sejak kapan anime hadir dan menjadi salah satu tayangan penghibur untuk masyarakat dunia, termasuk Indonesia?

Baca juga: Film Pertama di Dunia

Kemunculan anime di Jepang

Anime hadir di Jepang sejak awal abad ke-20, tepatnya pada 1907. Katsudo Shashin, adalah anime pertama dan tertua di dunia yang diproduksi Jepang.

Namun, tidak diketahui siapa pembuat anime berdurasi tiga detik itu. Sedangkan Jepang baru memproduksi anime secara serius pada 1917.

Kala itu, anime masih dikemas dalam animasi bisu dan tidak berwarna (hitam putih).

Para animator Jepang juga masih berupaya untuk mengembangkan pembuatan anime dengan berbagai teknik, yang terinspirasi dari animasi pendek buatan Perancis dan Amerika Serikat.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.