Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecemasan Konsumen: Pengertian, Jenis dan Aspek

Kompas.com - 14/07/2023, 14:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Rina Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS. com - Kecemasan merupakan keadaan emosional negatif yang ditandai dengan adanya firasat dan somatik ketegangan, seperti hati berdetak kencang, berkeringat, kesulitan bernapas.

Kecemasan (anxiety) adalah kondisi emosi dengan timbulnya rasa tidak nyaman pada diri seseorang, dan merupakan pengalaman yang samar-samar disertai dengan perasaan yang tidak berdaya serta tidak menentu yang disebabkan oleh suatu hal yang belum jelas

Dilansir dari jurnal Pengaruh Pembelian Impulsif terhadap Kecemasan Konsumen yang Berdampak pada Pembelian Kompulsif dan Dimediasi oleh Eskapisme (Studi Kasus pada Matahari Departemen Store di Banda Aceh) (2020) oleh Muchnisa Fitria dan Sulaiman, kecemasan konsumen adalah fenomena kompleks yang memiliki pengaruh pada faktor biologis, psikologis, dan faktor lingkungan.

Baca juga: 5 Cara Mengukur Kepuasan Konsumen

Sehingga jika konsumen sudah mengalami kecemasan, maka pusat pikirnya akan sangat mudah beralih kepada sesuatu yang dapat menjauhkannya dari sikap cemas atau disebut dengan perilaku eskapisme seperti menonton televisi, mendengarkan musik, membaca buku atau pun belanja.

Kecemasan konsumen dapat diartikan sebagai kondisi emosi dimana seseorang merasa gelisah, takut, khawatir pada situasi tertentu secara berlebihan terhadap sesuatu yang belum terjadi.

Jenis-jenis kecemasan konsumen

Disadur dari buku Manajemen Emosi (2012) oleh Triantoro Safaria dan Nofrans Eka Saputra, Spielberger menjelaskan jenis-jenis kecemasan konsumen dalam dua bentuk sebagai berikut:

  • Trait anxiety

Adanya rasa khawatir dan terancam yang menghinggapi diri seseorang terhadap kondisi yang sebenarnya tidak berbahaya. Kecemasan ini disebabkan oleh kepribadian individu yang memang memiliki potensi cemas dibandingkan dengan individu yang lainnya.

  • State anxiety

State anxiety merupakan kondisi emosional dan keadaan sementara pada diri individu dengan adanya perasaan tegang dan khawatir yang dirasakan secara sadar serta bersifat subyektif.

Baca juga: Mengapa Manusia dan Hewan Disebut Konsumen?

Jenis-jenis kecemasan konsumen menurut Freud

Sementara Freud membagi kecemasan dalam tiga jenis, yaitu:

  • Kecemasan neurosis

Kecemasan neurosis adalah rasa cemas akibat bahaya yang tidak diketahui. Perasaan itu berada pada ego, tetapi muncul dari dorongan diri. Kecemasan neurosis bukanlah ketakutan terhadap insting-insting itu sendiri, namun ketakutan terhadap hukuman yang mungkin terjadi jika suatu insting dipuaskan.

  • Kecemasan moral

Kecemasan ini berakar dari konflik antara ego dan superego. Kecemasan ini dapat muncul karena kegagalan bersikap konsisten dengan apa yang mereka yakini benar secara moral.

Kecemasan moral merupakan rasa takut terhadap suara hati. Kecemasan moral juga memiliki dasar dalam realitas, di masa lampau sang pribadi pernah mendapat hukuman karena melanggar norma moral dan dapat dihukum kembali.

  • Kecemasan realistik

Kecemasan realistik merupakan perasaan yang tidak menyenangkan dan tidak spesifik yang mencakup kemungkinan bahaya itu sendiri.

Kecemasan realistik merupakan rasa takut akan adanya bahaya-bahaya nyata yang berasal dari dunia luar.

Baca juga: Contoh Perilaku Konsumen dalam Kehidupan Sehari-hari

Aspek-aspek kecemasan konsumen

Beberapa aspek kecemasan konsumen adalah:

  • Suasana hati (mudah marah, perasaan sangat tegang)
  • Pikiran (khawatir, sukar berkonsentrasi, pikiran kosong, membesar-besarkan ancaman, memandang diri sebagai sangat sensitif, dan merasa tidak berdaya)
  • Motivasi (menghindari situasi, ketergantungan tinggi, dan ingin melarikan diri)
  • Perilaku (gelisah, gugup, kewaspadaan yang berlebihan)
  • Gejala biologis (gerakan otomatis meningkat, seperti berkeringat, gemetar, pusing, berdebar-debar, mual, dan mulut kering)

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com