Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Pengertian Perilaku Konsumen Menurut Para Ahli

Kompas.com - 04/08/2022, 08:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Perilaku konsumen merupakan tahap atau proses yang akan dilalui tiap individu sebelum membeli produk.

Dengan mengkaji perilaku konsumen, pemasar bisa mendapat informasi untuk menyusun strategi pemasaran.

Menurut Musnaini, dkk dalam buku Manajemen Pemasaran (2021), perilaku konsumen adalah proses pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, dan pengevaluasian produk untuk memenuhi kebutuhan atau memuaskan keinginan.

Sejumlah ahli mengutarakan pendapatnya mengenai perilaku konsumen. Berikut beberapa pengertian perilaku konsumen menurut para ahli:

American Marketing Association

Adalah asosiasi yang menaungi individu maupun kelompok yang bekerja di bidang pemasaran. Berikut pengertian perilaku konsumen menurut American Marketing Association:

"Perilaku konsumen merupakan interaksi dinamis dari pengaruh, kesadaran, perilaku, dan lingkungan di mana seseorang melakukan pertukaran aspek kehidupan."

Baca juga: Perilaku Konsumen: Pengertian dan Manfaat Mempelajarinya

Engel, Blackwell, dan Miniard

Ketiga tokoh tersebut mengartikan perilaku konsumen sebagai tindakan produk dan jasa, yang di dalamnya memuat proses pengambilan keputusan.

Tindakan tersebut merupakan keterlibatan langsung dalam proses mendapatkan, mengonsumsi, bahkan membuang suatu barang atau jasa.

Loudon dan Della Bitta

Dikutip dari buku Consumer Behaviour in Era Millenial (2018) karya Yossie Rossanty dkk, Loudon dan Della Bitta mendefinisikan perilaku konsumen sebagai berikut:

"Perilaku konsumen adalah sistem pengambilan keputusan dan aktivitas fisik individu yang melibatkan individu itu sendiri, dalam menilai, memperoleh, memakai, bahkan mengabaikan beberapa produk atau layanan."

Ebert dan Griffin

Menurut Ebert dan Griffin, perilaku konsumen adalah usaha konsumen untuk membuat keputusan mengenai sebuah produk yang akan dibeli dan dikonsumsi.

John C. Mowen dan Michael Minor

Pengertian perilaku konsumen menurut John C. Mowen dan Michael Minor adalah studi mengenai unit pembelian dan proses pertukaran yang melibatkan perolehan, konsumsi produk, serta pengalaman dan ide.

Baca juga: 5 Kegiatan dalam Perilaku Konsumen

Schiffman dan Kanuk

"Perilaku konsumen adalah proses yang dilalui seseorang dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan bertindak setelah mengonsumsi produk, jasa, maupun ide yang diharapkan bisa memenuhi kebutuhannya."

James F. Engel et al

Menurut James F. Engel dan kawan-kawan, perilaku konsumen adalah tindakan untuk mendapatkan, mengonsumsi, dan menggunakan produk serta layanan, termasuk proses keputusan yang dilakukan sebelumnya.

Hawkins, Mothersbaugh, dan Best

Dikutip dari buku Perilaku Konsumen Kepariwisataan (2021) oleh Rolyana Ferinia dkk, berikut pengertian perilaku konsumen menurut Hawkins, Mothersbaugh, dan Best:

"Perilaku konsumen adalah studi mengenai individu, kelompok, maupun organisasi, beserta rangkaian proses yang digunakan dalam menyeleksi, mendapatkan, menggunakan, atau mengganti pemakaian produk, jasa, pengalaman, ataupun ide, sebagai upaya memenuhi kebutuhan dan kepuasannya."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com