Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teori Perilaku Konsumen: Pengertian dan Faktor yang Memengaruhinya

Kompas.com - 08/07/2022, 09:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Teori perilaku konsumen digunakan untuk menganalisis proses pengambilan keputusan konsumen sebelum membeli produk.

Bagi pemasar, perilaku konsumen merupakan hal yang sangat penting. Dengan mengkajinya, mereka bisa menyusun strategi yang lebih sesuai dengan sikap konsumen.

Apa itu teori perilaku konsumen?

Pengertian teori perilaku konsumen

Teori perilaku konsumen adalah studi yang mempelajari bagaimana konsumen mencari, memilih, membeli, menggunakan, dan mengevaluasi suatu barang atau jasa dalam memenuhi kebutuhannya.

Dikutip dari buku Ekonomi Manajerial: Teori dan Pendekatan (2021) karya Lora Ekana Nainggolan dkk, teori perilaku konsumen berusaha menjelaskan sikap konsumen saat membelanjakan pendapatannya untuk memperoleh alat pemuas kebutuhan.

Selain menjabarkan sikap konsumen, teori ini juga dipakai untuk mendapat kurva permintaan dalam perspektif ekonomi.

Baca juga: Disonansi Kognitif dalam Perilaku Konsumen

Teori ini membantu perusahaan memprediksi kapan konsumen akan melakukan pembelian. Sehingga perusahaan bisa mengidentifikasi langkah-langkah apa saja yang dibutuhkan untuk memengaruhi pikiran dan sikap konsumen.

Faktor yang memengaruhi perilaku konsumen

Salah satu kajian penting dalam teori perilaku konsumen adalah melihat beberapa faktor yang mungkin memengaruhi konsumen sebelum melakukan pembelian.

Dilansir dari buku Perilaku Konsumen (Teori dan Implementasi) (2022) karya Aditya Wadhana dkk, ada empat faktor yang memengaruhi teori perilaku konsumen, yakni:

Faktor budaya

Adalah faktor yang menentukan perilaku konsumtif konsumen terkait kebutuhan atau keinginannya atas produk dan layanan.

Faktor sub-budaya

Faktor yang memengaruhi perilaku konsumen ini datang dari kebudayaan, seperti agama, suku bangsa, kewarganegaraan, serta wilayah geografis.

Baca juga: Mengapa Perilaku Konsumen Penting untuk Dipelajari?

Kelas sosial

Adalah faktor penentu perilaku konsumtif yang berkaitan dengan nilai, norma, dan strata sosial seseorang sebagai anggota kelompok masyarakat.

Faktor sosial

Faktor yang memengaruhi perilaku konsumen ini berasal dari kelompok referensi, keluarga, posisi dan status dalam kelompok, serta faktor pribadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com