Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kegiatan dalam Perilaku Konsumen

Kompas.com - 04/01/2022, 09:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.comKegiatan dalam perilaku konsumen terdiri atas pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, dan pengevaluasian.

Pada dasarnya, perilaku konsumen berpengaruh pada keputusan pembelian. Karena konsumen cenderung memilih serta membeli produk yang sesuai dengan kebutuhannya.

Dikutip dari buku Analisis Perilaku Konsumen dalam Perspektif Ekonomi Kreatif (2017) karya Aldila Septiana, berikut pengertian perilaku konsumen menurut James Engel dan rekan-rekannya:

"Perilaku konsumen adalah tindakan-tindakan individu yang secara langsung terlibat dalam usaha memperoleh serta menggunakan barang dan jasa ekonomis, termasuk proses pengambilan keputusan yang mendahului serta menentukan tindakan tersebut."

5 kegiatan dalam perilaku konsumen

Dalam kehidupan manusia, perilaku konsumen selalu melibatkan lima kegiatan utama, yakni pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, dan pengevaluasian.

Kelima kegiatan utama ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan serta keinginan konsumen terhadap produk atau jasa yang diinginkannya.

Baca juga: Perilaku Konsumen: Pengertian dan Manfaat Mempelajarinya

Pencarian

Melansir dari buku Perilaku Konsumen di Era Digital (Beserta Studi Kasus) (2019) karya Nufian S. Febriani dan Wayan Weda Asmara Dewi, pencarian merupakan kegiatan perilaku konsumen berupa mencari informasi mengenai produk atau jasa yang dibutuhkan.

Dulunya kegiatan pencarian hanya bisa dilakukan lewat koran, baliho, dan iklan cetak. Namun, di era digital saat ini, konsumen bisa lebih mudah mencari informasi lewat internet dan perangkat teknologi lainnya.

Pemilihan

Adalah kegiatan memilih produk yang dibutuhkan atau diinginkan sebelum membuat keputusan pembelian. Konsumen dapat memilih produk secara langsung, yakni datang ke toko atau tempat penjualan, dan melalui situs perusahaan.

Pembelian

Pembelian merupakan kegiatan yang paling menonjol dalam perilaku konsumen. Setelah mencari dan memilih, konsumen akan membeli produk atau menggunakan jasa yang dibutuhkannya.

Kegiatan pembelian dapat dilakukan secara langsung maupun tidak. Langsung berarti konsumen mendatangi penjual, toko, atau tempatnya. Sementara, tidak langsung artinya konsumen tidak perlu datang ke toko untuk membelinya, karena bisa dilakukan secara online.

Baca juga: 4 Faktor Utama yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

Penggunaan

Adalah kegiatan perilaku konsumen berupa pemakaian dan pemanfaatan produk atau jasa. Dalam kegiatan ini, konsumen akan mengetahui kualitas produk atau jasa yang digunakan.

Pengevaluasian

Kegiatan dalam perilaku konsumen ini terjadi setelah konsumen menggunakan dan memanfaatkan produk atau jasa. Pengevaluasian berarti konsumen menilai dan melakukan evaluasi terhadap penggunaan produk atau jasa.

Jika dirasa kurang cocok, konsumen tidak akan melakukan pembelian kembali atas suatu produk atau jasa, dan menggantinya dengan yang lebih cocok. Namun, jika ternyata cocok, konsumen akan melakukan pembelian ulang.

Dalam proses evaluasi, tidak jarang pula konsumen meminta pertimbangan dan saran dari orang terdekat atau mereka yang dianggap ahli dan sudah terbiasa dalam menggunakan suatu produk atau jasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com