Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Unsur Intrinsik Cerpen (Cerita Pendek)

Kompas.com - 07/05/2024, 08:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

Sumber Kemdikbud

KOMPAS.com - Cerpen adalah karya sastra yang memuat kisah fiksi seorang tokoh yang disusun pendek atau ringkas.

Menurut Siti Nurhayati dalam buku Cerita Pendek dan Cerita Fantasi (2022), berikut pengertian cerpen (cerita pendek):

"Cerpen adalah cerita yang mengangkat satu pengalaman orang yang paling berkesan, untuk mengedukasi maupun sebagai hiburan."

Pengertian cerpen adalah kisah yang ditulis singkat, antara lima ribu hingga sepuluh ribu kata, dan hanya berpusat pada satu tokoh atau peristiwa.

Cerpen tidak berdiri sendiri, ada banyak unsur intrinsik atau unsur pembangun dari dalam, yang berperan penting dalam membentuk sebuah cerpen.

Baca juga: Apakah Judul Cerpen Mencerminkan Isi Cerpen?

Lalu, apa saja unsur intrinsik cerpen?

Unsur intrinsik cerita pendek

Dilansir dari Buku Pembelajaran Sastra (2023) oleh Intan Sari dkk, salah satu unsur intrinsik cerpen adalah tema, yakni gagasan pokok yang menjalin struktur isi.

Tema adalah gagasan dasar umum yang mendukung sebuah karya sastra. Secara keseluruhan, tema sangat memengaruhi isi cerpen.

Selain tema, dikutip dari situs Kemdikbud, unsur intrinsik cerpen yang lain adalah penokohan, yaitu cara pengarang menggambar dan mengembangkan tokoh dalam cerita.

Penokohan ini bisa dijabarkan lewat penggambaran fisik, perilaku, lingkungan kehidupan, tata bahasa, jalan pikiran, hingga penggambaran oleh tokoh lain.

Baca juga: 4 Perbedaan Cerpen dan Puisi

Unsur intrinsik cerita pendek yang berikutnya adalah alur. Merupakan pola pengembangan cerita yang dipengaruhi oleh hubungan sebab akibat.

Penggambaran alur harus mudah dipahami dan logis. Sebab, alur berpengaruh besar dalam penyusunan cerpen yang menarik.

Salah satu unsur intrinsik cerpen adalah latar atau setting, meliputi tempat, waktu, dan latar belakang peristiwa yang digunakan dalam cerita.

Latar ini dapat bersifat fiktif maupun nyata. Latar berfungsi memperkuat juga mempertegas keyakinan pembaca terhadap alur cerita.

Gaya bahasa adalah unsur intrinsik cerpen yang berikutnya. Berfungsi menciptakan nada atau suasana kondusif antartokoh dalam cerpen.

Baca juga: Perbedaan Alur Hikayat dan Cerpen

Unsur intrinsik cerita pendek yang selanjutnya adalah sudut pandang, yakni bagaimana pengarang menyampaikan ceritanya, baik itu sebagai orang pertama, kedua, atau ketiga.

Terakhir, unsur intrinsik cerpen, yaitu amanat. Adalah pesan yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca.

Berdasarkan penjelasan di atas, ada tujuh unsur intrinsik cerpen, yakni:

  • Tema
  • Penokohan
  • Alur
  • Latar (setting)
  • Gaya bahasa
  • Sudut pandang
  • Amanat.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com