Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komunikasi Nonverbal: Pengertian dan Contohnya

Kompas.com - 03/01/2022, 11:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.comKomunikasi nonverbal sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya penggunaan ekspresi wajah, sikap tubuh, serta gerak tubuh.

Berbeda dengan komunikasi verbal yang menggunakan bahasa dan kata, nonverbal dilakukan dengan isyarat atau gerakan tubuh.

Apa itu komunikasi nonverbal?

Pengertian komunikasi nonverbal

Mengutip dari jurnal Komunikasi Verbal dan Nonverbal (2016) karya Tri Indah Kusumawati, komunikasi nonverbal adalah komunikasi yang penyampaian pesannya dikemas dalam bentuk bukan kata-kata.

Nonverbal juga dapat diartikan sebagai tindakan manusia yang sengaja dikirimkan serta diinterpretasikan seperti tujuan pesannya, dan memiliki potensi umpan balik dari penerimanya.

Menurut Mohammad Yusuf, dkk dalam buku Komunikasi Bisnis (Business Communication) (2019), komunikasi nonverbal merupakan proses komunikasi antara komunikator dan komunikan dengan menggunakan gerakan atau isyarat.

Baca juga: Komunikasi Verbal: Pengertian dan Unsurnya

Contoh komunikasi nonverbal

Ternyata dalam proses komunikasi dan kehidupan sehari-hari, komunikasi nonverbal jauh lebih banyak digunakan daripada bentuk verbal.

Oleh sebab itu, komunikasi nonverbal sifatnya tetap dan selalu ada. Dibanding bentuk verbal, komunikasi nonverbal sifatnya lebih jujur dalam mengungkapkan suatu hal karena sifatnya spontan.

Melansir dari buku Komunikasi Bisnis Edisi Ketiga (2006) karya Djoko Purwanto, berikut beberapa contoh komunikasi nonverbal:

  1. Mengerutkan dahi untuk menunjukkan sedang berpikir.
  2. Menggertakkan gigi sering kali memperlihatkan rasa marah atau kesal.
  3. Gambar pria dan wanita yang dipasang di pintu toilet menandakan kamar mandi sesuai jenis kelaminnya.
  4. Membuang muka untuk menunjukkan rasa atau sikap tidak senang.
  5. Menggunakan ekspresi wajah, seperti sedih, bahagia, dan senang sesuai konteks situasinya.
  6. Seseorang mengirimkan karangan bunga kepada teman yang sedang merintis usaha bisnis dalam rangka memberi selamat dan mendoakan kesuksesannya.
  7. Asbak di di atas meja berarti orang diperbolehkan merokok.
  8. Menganggukkan kepala sering kali diartikan sebagai tanda setuju.
  9. Berjabat tangan sambil tersenyum memperlihatkan rasa senang dan hormat.
  10. Ruang tunggu sebuah bank tanpa tempat duduk menunjukkan bahwa para nasabah akan dilayani dengan cepat tanpa harus menunggu lama.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com