Kompas.com - 26/02/2021, 15:30 WIB
Pakaian Adat Kalimantan Utara KemdikbudPakaian Adat Kalimantan Utara
Penulis Ari Welianto
|

KOMPAS.com - Ta'a dan Sapei Sapaq merupakan pakaian adat dari Provinsi Kalimantan Utara.

Ta'a dan Sapei Sapaq adalah pakaian tradisional Suku Dayak Kenyak yang mendiami wilayah Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur.

Pakaian Ta'a merupakan pakaian yang dipakai untuk perempuan, sedangkan Sapei Sapaq adalah pakaian untuk laki-laki.

Dikutip dari buku Bahasa Daerah di Kalimantan Utara (2019) karya M Bahri Arifin dan Syamsul Rijal, pakaian adat Kalimantan Utara sama dengan pakaian adat Kalimantan Timur, yakni baju Dayak yang berhiaskan motif alam.

Karena Kalimantan Utara awalnya masuk ke wilayah Provinsi Kalimantan Timur. Kemudian pada Oktober 2012 Provinsi Kalimantan Utara terbentuk dengan ibu kota Kota Tanjung Selor.

Baca juga: Biliu, Pakaian Adat Gorontalo

Bentuk pakaian adat

Pakaian Ta'a adalah kain sarung yang diberi anyaman manik kecil berwarna-warni dengan motif khusus.

Sedangkan Sapei Sapaq adalah baju berbentuk khusus yang dihiasi dengan manik bermotif tertentu serta gigi dan taring macan.

Dilansir situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), pada pakaian Ta'a juga dihiasi dengan taring dan gigi macan.

Ukurannya lebih pendek dari sarung-sarung yang biasanya dipakai sebagai pasangan baju kebaya nasional.

Untuk membuat sarung menjadi panjang, bagian bawah Ta'a ditambah potongan-potongan kain aneka warna dan berbentuk segi empat kecil. Di mana dipasang berselang-seling.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X