Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi Candi dalam Agama Hindu

Kompas.com - 26/02/2021, 12:14 WIB
Silmi Nurul Utami,
Nibras Nada Nailufar

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pernahkah kamu berkunjung ke Candi Prambanan? Candi prambanan adalah salah satu candi peninggalan agama Hindu yang sangat terkenal di Indonesia.

Mungkin kamu mengunjungi candi untuk bertamasya dan menikmati keindahannya. Namun tahukah kamu apa fungsi candi sebenarnya dalam agama Hindu?

Fungsi Candi

Pada awalnya orang Hindu tidak memiliki kuil maupun candi. Mereka melakukan pemujaan kepada dewa melalui nyala api yang dianggap suci. Namun seiring berjalannya waktu candi mulai dibangun sebagai tempat pemujaan dewa.

Dilansir dari Hinduwebsite, candi berfungsi sebagai devasthanam (tempat suci) dan thasthalam (surga di Bumi). Sehingga candi merupakan tempat suci yang menghubungkan antara manusia dan dewa.

Selain untuk memuja Dewa, candi juga dijadikan tempat pemujaan raja maupun tokoh besar dalam agama hindu.

Orang Hindu percaya bahwa Dewa ada di mana saja tidak hanya pada candi maupun kuil. Namun candi difungsikan sebagai pusat perhatian Dewa di mana mereka melakukan penyembahan dan memberikan persembahan kepada Dewa yang telah melindungi mereka dari nasib buruk berupa kemalangan, bencana, penyakit, dan memberikan mereka penghidupan.

Baca juga: Mengapa Candi Borobudur Tidak Masuk Tujuh Keajaiban Dunia?

Struktur Candi

Candi memiliki arsitektur yang berbeda-beda namun ada struktur utama yang selalu ada pada candi. Candi Hindu memiliki kubah yang disebut dengan shikhara yang melambangkan kepala Dewa. Candi memiliki ruang bernama garbhagriha sebagai tempat suci yang hanya bisa dimasuki pendeta karena berisi berhala Dewa.

Candi juga memiliki aula sebagai ruang pemujaan dan tempat berlangsungnya ritual. Beberapa candi memiliki waduk baik yang terbentuk secara alami maupun yang dibuat oleh manusia.

Dilansir dari Learn Religions, candi juga memiliki jalan setapak menuju candi untuk berkeliling searah jarum jam sebagai tanda penghormatan kepada Dewa.

Dilansir dari Ancient History Encyclopedia, candi dipenuhi dengan pahatan yang menceritakan petualangan mitologis yang disimbolkan oleh Dewa, pemuja, pemandangan erotis, hewan, pola tumbuhan, dan pola geometris.

Candi hindu diperkirakan mulai dibangun sekitar abad 4 masehi saat alat-alat kontruksi belum ditemukan. Bisakah kamu membayangkan bagaimana orang jaman dahulu membawa batu-batu besar dan menyusunnya menjadi candi yang tinggi?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com