Kompas.com - 25/02/2021, 19:15 WIB
Pakaian Adat Gorontalo kebudayaan.kemdikbud.go.idPakaian Adat Gorontalo
Penulis Ari Welianto
|

KOMPAS.com - Pakaian Biliu dan Makuta merupakan pakaian adat tradisional dari Provinsi Gorontalo.

Pakaian adat Biliu dikenakan oleh perempuan, sedangkan Makuta kenakan oleh laki-laki.

Pakaian adat tersebut adalah pakaian pengantin Gorontalo yang memiliki ciri khas dan keunikan. Umumnya pakaian adat tersebut dipakai untuk pernikahan.

Dikutip dari buku Storypedia: Nusantara (2013), pakaian yang biasa dikenakan oleh penganti perempuan disebut Biliu. Pakaian Biliu terdiri dari hiasan kepala, baju kurung, kalung bersusun, sarung dan ikat pinggang.

Biasanya rambut perempuan disanggul dengan bentuk sederhana dan dihiasi kembang emas.

Sementara pakaian pengantin laki-laki disebut Makuta atau Pulawala. Pada pakaian laki-laki tertutup yang dipadukan dengan celana panjang.

Di mana dilengkapi penutup kepala dan kain sarung yang dililitkan di pinggang. Kemudian senjata tradisional wamilo yang diselipkan di lilitan sarung.

Baca juga: Laku Tepu, Pakaian Adat Sulawesi Utara

Sejarah pakaian adat

Pakaian Biliu sudah ada di daerah Gorontalo sejak lama.

Biliu adalah pakaian yang dikenakan oleh pengantin perempuan yang terdiri atas blus dan rok panjang yang memperlihatkan ayuwa (sikap) dan popoli (tingkah laku), termasuk sifat dan pembawaan didalam lingkungan keluarga.

Dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), pada awal abad ke-21 daerah Gorontalo diperintah oleh seorang Sultan yang bernama Amay.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X