Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips agar Tetap Berenergi Selama Puasa Ramadhan

Kompas.com - 13/03/2024, 03:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Puasa diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, tetapi dengan waktu tidur malam yang lebih singkat selama bulan Ramadhan, wajar jika kita merasa kekurangan energi di siang hari.

Sebagai upaya untuk membiasakan perubahan gaya hidup selama Ramadhan, berikut adalah lima tips agar lebih berenergi selama berpuasa.

1. Pilih makanan sahur yang seimbang

Sahur yang seimbang akan membantu mempersiapkan tubuh untuk berpuasa di siang hari, serta membuat pencernaan lebih efisien.

Perpaduan antara karbohidrat kompleks, protein, lemak sehat, serta buah dan sayur akan menopang tubuh selama berpuasa. Selain itu, pastikan tubuh mendapat asupan cairan yang cukup sehingga tidak mengalami dehidrasi.

Baca juga: 4 Tips Jalani Puasa Sehat Selama Ramadhan Menurut Ahli

2. Lakukan aktivitas fisik ringan

Saat tubuh beradaptasi dengan gaya hidup baru di bulan Ramadhan, beberapa hari pertama mungkin terjadi penurunan tingkat energi. Untuk mengatasi hal ini, selipkan aktivitas ringan dalam kegiatan sehari-hari.

Peregangan selama beberapa menit, jalan kaki singkat, atau latihan pernapasan sederhana dapat membantu tubuh lebih segar dan bugar.

3. Jadwalkan waktu tidur

Mengatur waktu tidur selama Ramadhan penting dilakukan agar tubuh tetap mendapat istirahat yang cukup. Jika memungkinkan, cobalah tidur malam beberapa jam lebih awal atau jadwalkan tidur siang yang teratur jika memungkinkan.

4. Tetap terhubung secara sosial

Manfaat interaksi dengan sekitar bagi kesehatan telah didokumentasikan dengan baik. Interaksi positif, seperti membaca Al Quran bersama, berbuka puasa bersama, atau bertemu tetangga setelah salat tarawih, dapat membantu menjaga tingkat energi tetap tinggi, dan bahkan dapat mempererat hubungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com