Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/03/2024, 21:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa jenis makanan dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Selain mengurangi rasa lapar, konsumsi makanan tersebut dapat meminimalisasi asupan kalori.

Secara umum, makanan yang mengenyangkan mengandung protein dan serat yang tinggi serta kepadatan energi yang rendah. Perlu diingat bahwa makanan yang lebih mengenyangkan belum tentu kaya akan nutrisi penting.

Buah yang mengenyangkan

Berikut adalah beberapa jenis buah yang sehat dan lebih mengenyangkan.

1. Pir

Satu buah pir berukuran sedang mengandung sekitar 4 gram serat makanan. Dari jumlah tersebut, lebih dari setengahnya adalah serat kental, yakni bagian dari serat larut yang membentuk gel kental ketika tercampur dengan air.

Kandungan air yang tinggi dalam buah ini, ditambah dengan serat kental, memungkinkan volume ruang yang lebih besar digunakan di perut, sehingga konsumsi pir dapat meningkatkan rasa kenyang.

Baca juga: Studi: Aroma Buah Matang Bisa Hentikan Pertumbuhan Sel Kanker

2. Apel

Apel adalah sumber serat yang sangat baik, dan 80 persen serat apem berasal dari serat larut yang disebut pektin. Adapun pektin merupakan serat kental yang membentuk zat seperti gel saat dikonsumsi di dalam tubuh.

Selain mengandung 85 persen air, apel juga mengandung faktor kerenyahan yang memperlambat proses makan dan membuatnya terasa lebih mengenyangkan.

3. Jeruk

Jeruk ternyata termasuk biah yang mengenyangkan. Ini berkat serat kental pembentuk gel, pektin, hemiselulosa, lignin, dan selulosa, yang merupakan sebagian besar serat dalam buah ini.

Kandungan air yang tinggi pada jeruk juga berkontribusi pada mekanisme bulking dalam sistem pencernaan yang membuat kita merasa kenyang lebih lama.

4. Pisang

Pisang ukuran sedang rata-rata mengandung sekitar 3 gram serat. Untuk mendapatkan banyak pati resisten, kuncinya adalah memilih pisang yang kurang matang. Pati ini bertindak sebagai prebiotik, yang sangat bermanfaat bagi usus.

Baca juga: Berapa Banyak Buah yang Boleh Dikonsumsi Setiap Hari?

5. Alpukat

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sehat. Selain itu, alpukat tinggi serat, yakni kira-kira 7 gram per setengahnya, yang mencakup 1/4 dari rata-rata kebutuhan serat harian seseorang. Ini menjadikan alpukat sebagai salah satu buah yang paling mengenyangkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com