Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/02/2024, 08:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Pisang merupakan buah yang kaya akan beragam nutrisi. Ini menjadikan pisang sebagai buah yang bermanfaat untuk kesehatan.

Buah dapat bermanfaat dengan dikonsumsi kapan saja. Namun, apakah mengonsumsi pisang pada waktu-waktu tertentu, misal setelah olahraga, memberikan manfaat lebih?

Manfaat makan pisang setelah olahraga 

Berikut adalah beberapa manfaat mengonsumsi pisang setelah beraktivitas fisik:

1. Makan pisang setelah olahraga dapat membantu mempercepat pemulihan 

Pisang bergizi sangat kaya akan air dan karbohidrat, keduanya secara konsisten terbukti membantu meningkatkan kinerja olahraga dan pemulihan.

2. Dapat membantu mengisi kembali glikogen otot

Mengonsumsi makanan kaya akan karbohidrat setelah berolahraga dapat mendorong pelepasan hormon insulin, yang membantu memindahkan gula dari darah ke sel otot, tempat gula tersebut disimpan sebagai glikogen.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Kulit Pisang untuk Kesehatan?

Hal ini juga membantu sel-sel otot menjadi lebih sensitif terhadap insulin, sehingga memudahkan untuk mengisi kembali simpanan glikogen setelah berolahraga.

Kebanyakan orang dapat mengisi kembali simpanan glikogen otot mereka sepenuhnya sebelum olahraga berikutnya hanya dengan mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat.

Namun, bagi mereka yang memiliki waktu pemulihan kurang dari 24 jam sebelum latihan berikutnya bisa mendapat manfaat dari mengonsumsi makanan kaya karbohidrat, seperti pisang, secepat mungkin setelah berolahraga, serta beberapa jam setelahnya.

Hal ini membantu mempercepat laju pembentukan glikogen otot, memastikan tubuh dapat memulai sesi berikutnya dengan simpanan glikogen yang terisi penuh atau hampir terisi penuh.

3. Dapat membantu tubuh memanfaatkan protein dengan lebih efektif

Mengonsumsi makanan kaya akan karbohidrat, seperti pisang, bersama dengan sumber protein setelah olahraga sering kali direkomendasikan sebagai cara untuk membantu otot pulih lebih efektif dari latihan berbasis resistensi.

Baca juga: Berapa Banyak Buah Pisang yang Boleh Dimakan Setiap Hari?

Idenya adalah bahwa karbohidrat membantu menstimulasi kemampuan otot untuk menyerap atau memanfaatkan protein, yang pada gilirannya meningkatkan pembentukan otot dan membatasi kerusakannya.

Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa kombinasi ini mungkin tidak diperlukan dalam banyak kasus. 

4. Dapat membantu mengurangi peradangan

Selain kaya akan karbohidrat, pisang juga mengandung banyak senyawa bermanfaat, seperti dopamin dan polifenol.

Kombinasi karbohidrat dan senyawa lain ini dapat membantu mencegah terjadinya peradangan berlebih setelah berolahraga. Efek ini juga diperkirakan dapat mendorong pemulihan lebih cepat.

Nutrisi dalam buah pisang 

Buah pisang sangat sehat karena mengandung sejumlah vitamin dan mineral. Berikut adalah kandungan vitamin dan mineral dalam buah pisang:

Baca juga: Mengapa Kulit Pisang Menipis Saat Matang?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com