Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/11/2023, 08:00 WIB
Usi Sulastri,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kulit pisang adalah salah satu bagian buah yang sering diabaikan, namun memiliki peran penting dalam proses kematangan buah.

Seperti halnya kebanyakan buah, pisang mengalami perubahan saat matang di mana kulitnya menjadi menipis.

Baca juga: Mengapa Pisang Berubah Warna Menjadi Coklat?

Hal ini mungkin tampak sepele, tetapi di balik perubahan ini terdapat proses kompleks yang memengaruhi tekstur dan kandungan nutrisi buah tersebut.

Bagaimana hal itu terjadi?

Kulit pisang menipis karna proses osmosis

Dilansir dari BBC Science, Kamis (16/11/2023), kulit pisang menipis di akibatkan oleh proses pematangan buah.

Pada tahap awal ketika pisang masih mentah kulitnya kaya akan kandungan air. Kulitnya yang penuh air membuat pisang lebih tebal.

Meskipun kulit luar pisang cukup kedap terhadap air, seiring waktu terjadi proses osmosis di mana air secara perlahan-lahan keluar dari kulit dan masuk ke dalam daging buah ketika pisang matang. 

Fenomena ini mengakibatkan sel-sel kulit mengalami pemadatan sel, menyebabkan kulit secara keseluruhan mengalami penipisan dan meningkatkan fleksibilitasnya.

Adanya perubahan ini kemungkinan merupakan adaptasi alami dari buah pisang yang mempermudah konsumsi buah saat sudah matang, sekaligus mendorong penyebaran benih untuk tujuan reproduksi.

Baca juga: Pisang Cavendish Terancam Punah, Kenapa?

Waktu yang dibutuhkan pisang untuk matang

Proses pematangan pisang mengikuti pola tertentu, dikutip dari weekand.com pada Kamis (16/11/2023).

Awalnya, pisang memiliki warna hijau kemudian berubah menjadi kuning dengan ujung masih hijau.

Selanjutnya menjadi kuning secara keseluruhan, mengembangkan bintik-bintik coklat, dan akhirnya mencapai tahap hitam.

Jika saat membeli pisang dalam keadaan hijau di toko, diperlukan waktu sekitar tiga hingga empat hari agar pisang tersebut mencapai kematangan penuh.

Selama proses ini, buah pisang tidak hanya mengubah warna tetapi juga meningkatkan tingkat keasamannya, menjadikannya lebih manis seiring berjalannya waktu.

Pencarian bintik-bintik coklat pada kulit kuning dapat menjadi petunjuk untuk menemukan pisang yang optimal untuk dikonsumsi.

Setelah pisang berubah warna menjadi kuning, perkiraan waktu satu hingga dua hari dapat dilakukan untuk mencapai kematangan penuh.

Pisang dengan kulit yang sudah coklat sepenuhnya menyajikan cita rasa termanis dan mencapai kelembutan maksimal dalam rentang waktu sekitar lima hingga tujuh hari. 

Pisang hijau yang disimpan pada suhu 13 derajat Celsius akan mengurangi kecepatan pematangannya.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Kulit Pisang untuk Kesehatan?

Untuk menjaga kesegaran pisang lebih lama, disarankan menyimpannya di tempat dengan suhu di bawah 16 derajat Celsius, seperti dalam kulkas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com