Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/11/2023, 20:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Ahli paleontologi telah belajar banyak tentang dinosaurus dari tulang demi tulang yang tersisa. Namun, masih banyak aspek tentang kehidupan dinosaurus yang masih sedikit diketahui.

Bahkan, beberapa aspek kehidupan dinosaurus yang paling sederhana pun masih sulit dipahami. Salah satunya adalah para ahli belum banyak tahu tentang bagaimana dinosaurus tidur.

Apakah Apatosaurus tertidur sambil berdiri atau berlutut? Apakah tyrannosaurus menggunakan lengannya yang kecil dan berotot untuk bangun dari tanah setelah tidur siang?

Posisi tidur dinosaurus

Tidak ada penjelasan pasti untuk menjawab bagaimana dinosaurus tidur, namun ada satu dinosaurus yang kebiasaan tidurnya telah dipahami dengan baik, yakni troodontid theropoda Mei long, kerabat dekat burung.

Baca juga: Bumi Lebih Menarik bagi Alien Saat Zaman Dinosaurus, Kenapa Begitu?

Dua kerangka dinosaurus berusia 125 juta tahun ini ditemukan menjadi fosil dalam posisi tidur meringkuk.

Sepertinya, letusan gunung berapi mengubur dinosaurus ini saat mereka sedang tidur, mirip dengan yang terjadi pada beberapa korban letusan Gunung Vesuvius.

Kerangka tersebut berada dalam posisi tidur 'menyelip' yang sama dengan burung modern, yakni tubuh duduk di atas anggota badan terlipat dan kepala terselip di antara lengan dan dada.

Burung tidur dengan cara ini untuk menghemat panas di kepalanya, dan ini adalah satu keharusan bagi hewan berdarah panas. Mungkin ini juga menandakan bahwa beberapa dinosaurus adalah hewan berdarah panas.

Kedua spesimen Mei bukanlah satu-satunya dinosaurus yang ditemukan dalam posisi tersebut.

Baca juga: Studi Baru Ungkap Dampak Debu Asteroid pada Kepunahan Dinosaurus

Ahli paleontologi dari Museum Sejarah Alam Dalian di Tiongkok, Chunling Gao, dan rekannya menunjukkan bahwa spesimen troodontid lain yang ditemukan di batuan Kapur Mongolia, Sinornithoides youngi, ditemukan dalam posisi tidur yang sama.

Gao mengatakan, posisi tidur Mei dan Sinornithoides mengingatkannya pada dinosaurus Jurassic awal, Segisaurus.

Pada tahun 1936, sebagian kerangka Segisaurus ditemukan dengan kaki terselip di bawah tubuh dan lengannya tampaknya dalam posisi istirahat.

Mungkin dinosaurus ini juga mati saat tertidur, dan menjadi catatan yang lebih tua lagi tentang bagaimana dinosaurus tidur.

Pemandangan semacam itu jarang ditemukan, namun hal ini membantu mengisi beberapa momen yang sangat sulit dipahami dalam sejarah Mesozoikum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com