Kompas.com - 16/11/2023, 20:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Ahli paleontologi telah belajar banyak tentang dinosaurus dari tulang demi tulang yang tersisa. Namun, masih banyak aspek tentang kehidupan dinosaurus yang masih sedikit diketahui.

Bahkan, beberapa aspek kehidupan dinosaurus yang paling sederhana pun masih sulit dipahami. Salah satunya adalah para ahli belum banyak tahu tentang bagaimana dinosaurus tidur.

Apakah Apatosaurus tertidur sambil berdiri atau berlutut? Apakah tyrannosaurus menggunakan lengannya yang kecil dan berotot untuk bangun dari tanah setelah tidur siang?

Posisi tidur dinosaurus

Tidak ada penjelasan pasti untuk menjawab bagaimana dinosaurus tidur, namun ada satu dinosaurus yang kebiasaan tidurnya telah dipahami dengan baik, yakni troodontid theropoda Mei long, kerabat dekat burung.

Baca juga: Bumi Lebih Menarik bagi Alien Saat Zaman Dinosaurus, Kenapa Begitu?

Dua kerangka dinosaurus berusia 125 juta tahun ini ditemukan menjadi fosil dalam posisi tidur meringkuk.

Sepertinya, letusan gunung berapi mengubur dinosaurus ini saat mereka sedang tidur, mirip dengan yang terjadi pada beberapa korban letusan Gunung Vesuvius.

Kerangka tersebut berada dalam posisi tidur 'menyelip' yang sama dengan burung modern, yakni tubuh duduk di atas anggota badan terlipat dan kepala terselip di antara lengan dan dada.

Burung tidur dengan cara ini untuk menghemat panas di kepalanya, dan ini adalah satu keharusan bagi hewan berdarah panas. Mungkin ini juga menandakan bahwa beberapa dinosaurus adalah hewan berdarah panas.

Kedua spesimen Mei bukanlah satu-satunya dinosaurus yang ditemukan dalam posisi tersebut.