Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/08/2023, 15:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Jeruk manis (Citrus sinensis) adalah jenis jeruk yang umum dinikmati dalam bentuk segar maupun dibuat sebagai jus.

Jeruk sangat populer berkat kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Namun, lebih dari itu, jeruk mengandung banyak nutrisi lain yang membuat buah ini sangat sehat.

Manfaat jeruk untuk kesehatan

Menurut penelitian, mengonsumsi buah jeruk secara teratur, dapat bermanfaat bagi kesehatan. Dilansir dari Healthline, berikut adalah beberapa manfaat buah jeruk.

1. Membantu meningkatkan kesehatan jantung

Sejumlah nutrisi dan senyawa tumbuhan yang ditemukan dalam jeruk, termasuk vitamin C, flavonoid, dan karotenoid, dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung, jika kita mengonsumsinya pada tingkat yang optimal.

Baca juga: Apakah Manfaat Lemon dan Jeruk Nipis Sama?

Satu ulasan dari 10 studi berkualitas tinggi menemukan bahwa mengonsumsi jus jeruk dapat mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung, seperti mengurangi tingkat gula darah, kolesterol jahat, dan protein penanda inflamasi C-reaktif (CRP).

2. Dapat melindungi dari penyakit kronis

Selain melindungi kesehatan jantung, jeruk juga bermanfaat untuk membantu mengurangi risiko penyakit, termasuk beberapa jenis kanker dan diabetes.

Studi menunjukkan bahwa pola makan yang tinggi buah jeruk dapat membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker paru-paru, kanker mulut, kanker perut, kanker kepala, dan kanker leher.

Terlebih lagi, pola makan tinggi buah-buahan, termasuk buah jeruk, dapat membantu mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

Baca juga: Apa Manfaat Minum Kopi Sebelum Olahraga?

Satu studi yang melibatkan lebih dari 7.000 orang dewasa di Australia menemukan, orang dengan asupan buah moderat, termasuk buah jeruk, memiliki kemungkinan 36% lebih kecil untuk didiagnosis diabetes pada 5 tahun mendatang, dibandingkan dengan orang yang sangat sedikit makan buah.

Perlu diingat bahwa penelitian ini menemukan manfaat makan buah-buahan secara umum dan tidak mengkhususkan pada manfaat makan jeruk.

Meskipun buah jeruk dapat membantu mengurangi risiko beberapa kondisi medis jika dikonsumsi secara teratur, ingatlah bahwa pola makan dan gaya hidup secara keseluruhan jauh lebih penting untuk menjaga kesehatan.

3. Mencegah anemia

Mengonsumsi makanan kaya vitamin C dapat membantu mencegah anemia. Meskipun jeruk bukan sumber zat besi yang baik, jeruk merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, yang meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi.

Baca juga: Apa Manfaat Merendam Kaki dalam Air Garam?

4. Dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh

Mengonsumsi buah-buahan secara teratur, yang kaya akan vitamin, mineral, dan senyawa antioksidan, dapat membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh yang sehat.

Jeruk merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Nutrisi ini sangat penting untuk fungsi sel kekebalan. Vitamin C juga diperlukan untuk proses yang disebut apoptosis, yakni penggantian sel-sel tua yang rusak, kemudian dibersihkan, dan diganti dengan sel-sel baru yang sehat.

Banyak senyawa lain dalam jeruk, termasuk hesperidin dan naringenin, yang memiliki aktivitas antiinflamasi.

Peradangan kronis dapat memengaruhi respons kekebalan secara negatif, jadi makan makanan yang kaya zat anti-inflamasi secara teratur dapat membantu mendukung fungsi kekebalan tubuh.

Baca juga: 7 Manfaat Melon untuk Kesehatan

Serat adalah nutrisi lain yang disediakan oleh jeruk yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Tubuh membutuhkan serat untuk menjaga keseimbangan bakteri baik di usus, yang memengaruhi perkembangan dan fungsi sistem kekebalan.

Kandungan buah jeruk

Sebagaimana yang disebutkan, jeruk tidak hanya mengandung vitamin C. Dilansir dari WebMD, berikut adalah kandungan nutrisi dalam jeruk berukuran sedang:

  • 60 kalori
  • Tidak ada lemak atau natrium
  • 3 gram serat
  • 12 gram gula
  • 1 gram protein
  • 14 mikrogram vitamin A
  • 70 miligram vitamin C
  • 237 miligram potasium
  • 15,4 gram karbohidrat.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com